PMT Fakultas Kesehatan Unitri Sukses Terlaksana, Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Putungsewu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

2 September 2024 10:20 2 Sep 2024 10:20

Thumbnail PMT Fakultas Kesehatan Unitri Sukses Terlaksana, Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Putungsewu Watermark Ketik
Mahasiswa Fakultas Kesehatan Unitri yang menjalankan program PMT di Putungsewu. (Foto: Humas Unitri)

KETIK, MALANG – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) khususnya kelompok 34 telah sukses melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PMT) di Desa Putungsewu, Kabupaten Malang.

Segenap program yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat desa telah dilaksanakan selama satu bulan. Program tersebut berhasil diakhiri tepat pada 31 Agustus 2024 lalu.

Salah satu dosen pendamping lapangan, Ronasari Mahaji Putri menjelaskan bahwa mahasiswa telah melakukan banyak program di bidang kesehatan. Mulai dari edukasi dan penyuluhan kesehatan tentang DBD, pelatihan penanggulangan dan pencegahan DBD bagi kader Posyandu, hingga sanitasi lingkungan dan pembagian bubuk Abate.

"Pengalaman ini tentu sangat berharga bagi para mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah. Selain itu juga untuk memperkuat jiwa sosial mereka," ujar Ronasari.

Kepala Desa Putungsewu, Kustomo turut mengapresiasi program yang dijalankan oleh mahasiswa Unitri. Menurutnya program-program tersebut memberikan banyak manfaat khususnya untuk pemahaman masyarakat.

"Program yang dijalankan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.

Untuk itu Kustomo tak segan untuk menerima para mahasiswa Unitri yang akan menjalankan pengabdian masyarakat kembali di desanya. Bahkan banyak masyarakat khususnya kader dan pihak puskesmas yang ingin kerja sama dengan Unitri dapat berlanjut.

"Tahun depan kami siap menerima mahasiswa lagi karena saya melihat apa yang kalian lakukan selama ini ternyata berdampak baik bagi kami,” tuturnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Putungsewu Unitri PMT Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Pengabdian Masyarakat