Festival Kundi Merdeka, Sarana Promosi Desa Purwoasri Pacitan ke Tingkat Lokal hingga Internasional

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

7 Agustus 2023 03:39 7 Agt 2023 03:39

Thumbnail Festival Kundi Merdeka, Sarana Promosi Desa Purwoasri Pacitan ke Tingkat Lokal hingga Internasional Watermark Ketik
Tumpeng Gerabah diarak warga saat prosesi kirab dalam Festival Kundi Merdeka 2023, (6/8/2023). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Festival Gerabah Kundi Merdeka 2023 dihelat Warga Kampung Gerabah Pacitan atau Dusun Purwosari, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (6/8/2023).

Acara itu bertujuan untuk menjadi sarana promosi keunggulan desa, yang menyasar tingkat lokal hingga internasional.

Kegiatan yang kali pertama digelar ini digelar bertepatan dalam momentum memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78.

Tercatat sedari pagi terdapat berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya jalan sehat, workshop melukis gerabah, kesenian dan UMKM yang melibatkan dua dusun yakni Dusun Purwosari dan Gunung Cilik.

Malam harinya, acara diawali dengan Kirab tumpeng gerabah menyambut kedatangan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta Istri.

Gemerlap cahaya lampion berwadah gerabah terpampang di setiap sudut rumah warga pun semakin menambah takjub pengunjung yang berdatangan.

Foto Panggung Utama Festival, tengah dilakukan potong tumpeng usai prosesi kirab. (Foto: Prokopim Pacitan)Panggung Utama Festival, tengah dilakukan potong tumpeng usai prosesi kirab. (Foto: Prokopim Pacitan)

Tak berhenti di situ, tetabuhan ronthek juga menambah suasana malam semakin meriah. Begitu pula, di sepanjang jalan menuju panggung utama telah dikerumuni ratusan warga dengan antusias menyambut prosesi kirab tumpeng gerabah.

"Ini adalah sarana mempromosikan potensi Desa Purwoasri agar potensi gerabah bisa terangkat baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional," kata Bupati Pacitan Indrata Nurbayuaji saat memberikan sambutan, Minggu (6/8/2023).

Bupati Aji cukup mengapresiasi upaya Pemdes dan masyarakat untuk menghidupkan kembali festival gerabah yang dulu pernah ada. Aji berharap kegiatan ini semakin sukses dan memberi dampak peningkatan ekonomi masyarakat.

"Promosi yang dikemas melalui festival ini semakin diminati. Ini media paling menyenangkan untuk mempertontonkan hasil karya sekaligus menghibur masyarakat," lanjutnya.

Sementara menurut Kepala Desa Purwoasri Suratno, festival gerabah ini merupakan sarana mengenalkan potensi gerabah di desanya. Karena sudah sejak puluhan tahun Dusun Purwosari dan Dusun Gunung Cilik menjadi sentra pengerajin gerabah seni Pacitan.

"Kami berharap acara ini bisa terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemdes Purwoasri pemkab pacitan Festival Kundi Merdeka pacitan Kampung Gerabah