Hari Pertama Kerja, Pemkot Malang Halal Bi Halal dan Pantau Layanan Publik

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

16 April 2024 06:20 16 Apr 2024 06:20

Thumbnail Hari Pertama Kerja, Pemkot Malang Halal Bi Halal dan Pantau Layanan Publik Watermark Ketik
Halal bi halal yang digelar oleh Pemkot Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Hari pertama bekerja usai cuti lebaran diwarnai jajaran ASN di lingkungan Pemkot Malang untuk halal bi halal di Gedung Islamic Center Kota Malang, pada Selasa (16/4/2024).

Tak hanya itu Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama rombongan OPD Pemkot Malang juga menghampiri kantor kecamatan untuk memantau jalannya pelayanan publik. 

Terdapat sekitar 1.000 orang ASN yang hadir di Gedung Islamic Center. Selain itu juga 500 orang Forum Koordinasi Pimpinan di Kecamatan (Forkopimcam) di masing-masing kecamatan. 

"Nanti kita juga akan cek layanan publik di sela-sela kita ke kecamatan. Kalau kita melalui OPD-OPD, saya nanti berhenti untuk cek dan besok setelah apel kita juga akan cek semua pelayanan ini," ujar Wahyu usai halal bi halal. 

Hal tersebut sesuai dengan peraturan Menpan-RB bahwa terkait dengan pelayanan publik, petugas tidak diperkenankan untuk bekerja dari rumah atau WFH. Bahlan petugas penjaga loket dalam pelayanan publik pun urung untuk terlibat dalam halal bi halal yang digelar Pemkot Malang.

"Hari ini yang tidak bisa ikut adalah penjaga loket pelayanan publik. Untuk yang layanan publik, langsung besok saya yang akan menyapa. Jadi saya datang ke pelayanan itu untuk salam-salaman dengan mereka sekaligus melihat pelayanan umum di hari pertama dan hari kedua bisa berjalan optimal," lanjutnya. 

Tak hanya itu optimalisasi pelaksanaan pelayanan publik juga akan dipantau pada pelaksanaan apel esok hari. Termasuk pelayanan publik yang cukup vital seperti Mal Pelayanan Publik (MPP) layanan kesehatan, dan lainnya. 

"Kalau yang vital itu misalnya di MPP, kemudian terkait Dispendukcapil, lalu kesehatan di Puskesmas, RSUD itu tetap harus berjalan sebagaimana biasanya," tuturnya. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan halal bi halal tidak digelar di Balai Kota Malang. Menurut Wahyu hal tersebut dimaksudkan untuk aktivasi dan pemanfaatan Gedung Islamic Center. 

"Kita punya gedung yang representatif dan kapasitasnya sudah mencukupi. Jadi saya minta halal bi halal di sini. Ini pun juga dibagi, nanti setelah ini saya akan datang ke kecamatan untuk Forkopimcam kemudian untuk semua Kepala Sekolah, Puskesmas, guru yang ada di sana akan kita datangi," ucap Wahyu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cuti Lebaran Libur lebaran hari pertama kerja Kota Malang Masuk Kerja