IKA-PMII Pacitan Bangun Kantor Megah Tiga Lantai Senilai Rp800 Juta

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

19 Januari 2024 09:50 19 Jan 2024 09:50

Thumbnail IKA-PMII Pacitan Bangun Kantor Megah Tiga Lantai Senilai Rp800 Juta Watermark Ketik
Prosesi peletakan batu pertama, Jumat (19/1/2024). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA PMII) Pacitan, Jawa timur bakal membangun kantor tiga lantai senilai Rp800 juta di Taman Bugar Pacitan.

Peletakan batu pertama pembangunan kantor alias 'Graha Pergerakan' tersebut dilakukan pada Jumat (19/1/2024) pagi. 

Acara simbolis itu dilakukan oleh Pengasuh Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan, Jawa Timur KH Luqman Harits Dimyathi, didampingi Ketua PC IKA PMII Pacitan, Zaenal Arifin beserta jajaran pengurus, dan para tokoh lainnya.

Dalam wawancara singkat dengan media online nasional Ketik.co.id, Zaenal Arifin mengatakan, bahwa pembangunan Graha Pergerakan ini telah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Graha pergerakan ini sudah kami rencanakan dari 2021. Mulai dari wakaf bersama, kemudian di tahun 2023 kemarin kami dapatkan hibah dari Pemerintah Provinsi, Jawa Timur senilai Rp150 juta. Diperuntukkan untuk membangun pondasi, tiang, dan lantai satu," terang Zaenal.

Pria dua anak itu menjelaskan bahwa Graha Pergerakan ini akan dibangun tiga lantai. Lantai pertama akan digunakan sebagai basecamp dan parkiran, lantai dua akan digunakan sebagai kantor atau sekretariat, dan asrama putri.

Sedangkan untuk lantai tiga, akan digunakan sebagai aula dan musala serta asrama putra.

"Biayanya sekitar Rp800 juta, itu total estimasi untuk keseluruhan bangunan. Kalau untuk lebar tanah sekitar 12 x 13 meter. Untuk ukuran bangunan lebarnya kisaran 8 x 11 meter," jelas pria yang kerap disapa Mas Arik itu.

PC IKA PMII berharap Graha Pergerakan ini bisa menjadi tempat konsolidasi, sahabat-sahabat IKA PMII maupun kader PMII dalam rangka mengembangkan organisasi dan juga mengembangkan kader PMII.

"Harapannya, Graha pergerakan ini bisa menjadi tempat konsolidasi, sahabat-sahabat IKA PMI maupun kader PMII dalam rangka mengembangkan organisasi dan juga mengembangkan kader PMII," pinta Ketua IKA-PMII Zaenal Arifin.

Estimasi waktu pembangunan tahap pertama ini sekitar 2 bulan. Setelah tahap pertama nanti akan dihitung ulang untuk tahapan-tahapan berikutnya. Terpantau kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pengurus IKA PMII, kader PMII, dan tokoh-tokoh masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan IKA-PMII Pacitan Graha Pergerakan