Inovasi Satlantas Polresta Sleman: "Bajai Istimewa" Berbagi Sembari Kampanyekan Pilkada Damai 2024

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

5 Oktober 2024 10:21 5 Okt 2024 10:21

Thumbnail Inovasi Satlantas Polresta Sleman: "Bajai Istimewa" Berbagi Sembari Kampanyekan Pilkada Damai 2024 Watermark Ketik
Inovasi Satlantas Polresta Sleman bernama "Bajai Istimewa" (Berbagi Rejeki Istimewa) merupakan bentuk kepedulian sosial. Sekaligus untuk cooling system (sistem pendinginan) menjelang bergulirnya gelaran Pilkada 2024, 4 Oktober 2024. (Foto: Seksi Humas Polresta Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Upaya preemtif mencegah gangguan kamtibmas serta preventif menanggulangi gangguan kamtibmas yang telah terjadi menjadi kunci utama dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Termasuk dalam menghadapi gelaran Pilkada Sleman yang dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Peran aktif Polri khususnya fungsi lalu lintas kepada masyarakat tidak cukup hanya dengan melaksanakan kegiatan preventif dan penindakan hukum saja. Namun, kegiatan preemtif juga sangat berperan dalam menciptakan Pilkada Damai 2024.

Kasat Lantas Polresta Sleman AKP Fikri Kurniawan, STrK, SIK, MM menyebutkan, dalam rangka mendukung dan mengkampanyekan Pilkada Sleman yang aman dan damai, jajaran Satlantas Polresta Sleman tak tinggal diam.

Berbagai upaya terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan inovasi bernama "Bajai Istimewa" (Berbagi Rejeki Istimewa) yang digelar Jumat siang 4 Oktober 2024 di kawasan jalan Babarsari, Depok, Sleman dan beberapa titik lainnya.

"Ini sebagai bentuk kepedulian institusi Polri kepada masyarakat yang direalisasikan oleh Satlantas Polresta Sleman," terang AKP Fikri Kurniawan.

Salah satunya dengan rutin mengadakan kegiatan sosial ini. Setiap Jumat dilaksanakan kegiatan berbagi nasi kotak dengan sasaran masyarakat pra-sejahtera.

Foto Bentuk kepedulian institusi Polri kepada masyarakat. Direalisasikan Satlantas Polresta Sleman dengan rutin mengadakan kegiatan sosial berbagi nasi kotak. (Foto: Seksi Humas Polresta Sleman/Ketik.co.id)Bentuk kepedulian institusi Polri kepada masyarakat. Direalisasikan Satlantas Polresta Sleman dengan rutin mengadakan kegiatan sosial berbagi nasi kotak. (Foto: Seksi Humas Polresta Sleman/Ketik.co.id)

Nah, dalam pelaksanaannya aksi sosial ini dilakukan sembari memberikan imbauan keselamatan berlalu lintas yang disampaikan secara simpatik dan humanis.

Selain merupakan bentuk kepedulian sosial, kegiatan kali ini sekaligus dimaksudkan untuk cooling system (sistem pendinginan) menjelang bergulirnya gelaran Pilkada 2024.

Dia menambahkan, untuk anggaran kegiatan Bajai Istimewa berasal dari infaq personil Satlantas Polresta Sleman maupun zakat profesi Polri.

Sedangkan salah satu penerima manfaat, Iwan Cahyono, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan sosial tersebut. "Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut karena sangat membantu khususnya dalam hal kebutuhan pangan," ucapnya.

Kembali Kasat Lantas Polresta Sleman, AKP Fikri Kurniawan menyampaikan, selain berupa aksi sosial, kegiatan-kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu media Polri untuk menyampaikan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sekaligus sebagai salah satu bentuk rasa syukur dan kepedulian Polri pada masyarakat," ucapnya.

Sedangkan bentuk kegiatannya sendiri sangat beragam mulai dari pembagian paket sembako, minyak goreng, zakat profesi Polri dan nasi kotak dengan sasaran masyarakat umum. Mulai dari yang berprofesi sebagai tukang becak, tukang parkir, ojek online, pedagang asongan hingga buruh bangunan.

Selain mengingatkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas, AKP Fikri Kurniawan menegaskan jajaran Polresta Sleman juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi mewujudkan Pilkada 2024 yang aman dan damai. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gelaran Pilkada Sleman 2024 Bajai Istimewa aksi sosial kegiatan sosial Satlantas Polresta Sleman Kasat Lantas AKP Fikri Kurniawan Pilkada Damai 2024