Jatim Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

3 Desember 2023 12:03 3 Des 2023 12:03

Thumbnail Jatim Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital Watermark Ketik
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Pemprov Jatim berhasil menerima segudang penghargaan di bawah kepemimpinan Gubernur Perempuan yaitu Khofifah Indar Parawansa.

Kali ini penghargaan yang diraih dari Inovasi Membangun Negeri 2023" pada kategori Inovasi Pelayanan Digital dari tvOne.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chief Executive Officer tvOne Taufan E. N. Rotorasiko kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di The Convergence Indonesia, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Penghargaan ini adalah sebagai bukti Pemprov Jatim telah melakukan berbagai upaya terkait inovasi pelayanan publik berbasis IT. Yang mana, inovasi itu memiliki dampak signifikan terhadap kualitas layanan publik di masyarakat.

"Karena pelayanan publik akan lebih cepat, akurat, dan transparan dengan digital sistem," ujar Khofifah.

Inovasi yang memiliki dampak yang signifikan adalah Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo). Ini adalah optimalisasi pemanfaatan e-marketplace untuk pengadaan barang/jasa pemerintah di Jatim sebagai upaya peningkatan peran pelaku UMKM.

Tak hanya itu inovasi lain yaitu, Bus Trans Jatim. Di mana, transportasi publik ini tidak hanya mengandalkan penggunaan aplikasi online sebagai sarana pemesanan tapi juga artificial intelligence (AI) untuk memprediksi perjalanan.

"Dengan AI ini, akan ada laporan seperti kondisi lalu lintas dan perilaku sopir yang bermain HP atau mengantuk. Jadi kita bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di lapangan. Alhamdulillah, ini salah satu sistem transportasi paling canggih di Indonesia," ujar mantan Mensos ini.

"Saat ini, Trans Jatim masih memiliki tiga koridor rute. Namun, rute ini Insya Allah  akan bertambah dua koridor lagi  pada tahun depan," imbuh Ketua PP Muslimat NU itu.

Khofifah mengungkapkan fokus Jawa Timur pada tahun depan ialah mengembangkan industri manufaktur. Mengingat, industri manufaktur Jawa Timur telah mencapai 31,4 persen pada 2022 dan melampui prediksi manufaktur nasional tahun 2045 pada 30 persen.

Menurut Khofifah, maka dari itu Jatim tidak boleh hanya jadi penonton. Untuk itu, harus mencangkok untuk percepatan lahirnya bibit unggul di Jawa Timur lebih banyak dan lebih cepat. 

"Maka kami telah bekerja sama dengan King's College London untuk nprogram digital future. Insya Allah September 2024 mulai proses pembelajarannya," katanya.

Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi mendalam atas penghargaan yang diterima. Ia menyebut kalau penghargaaan ini merupakan kerja keras semua pihak termasuk seluruh staf pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota  di Jawa Timur.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih ke ASN Pemprov Jatim maupun pemerintah kabupaten/kota yang sudah memaksimalkan koneksi digital ekosistem ini. Inovasi kami akan selalu kami tumbuh kembangkan untuk bisa memberikan layanan terbaik," pungkas Perempuan Bergelar Doktor Honoris Causa ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Gubernur Perempuan Khofifah Indar Parawansa Inovasi Pelayanan Digital TvOne Ketua PP Nu Doktor Honoris Causa Gubernur Khofifah Inovasi Membangun Negeri 2023