Karhutla Lereng Gunung Arjuno Sudah Merembet ke Kabupaten Pasuruan

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

30 Agustus 2023 04:23 30 Agt 2023 04:23

Thumbnail Karhutla Lereng Gunung Arjuno Sudah Merembet ke Kabupaten Pasuruan Watermark Ketik
Petugas Tahura R Soerjo berjibaku memadamkan api di Lereng Gunung Arjuno. (29/8/2023) (Foto: Dok. Tahura R Soerjo)

KETIK, MALANG – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di lereng gunung Arjuno di kawasan Singosari Kabupaten Malang sejak Sabtu (26/8/2023) lalu kini telah merembet hingga ke wilayah Kabupaten Pasuruan.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Ajat Sudrajat mengatakan, sampai saat ini terus dilakukan pemadam oleh petugas Tahura R Soerjo bersama Relawan Masyarakat Peduli Api.

"Wilayah yang terbakar Singosari, Lawang kemudian Purwadi dan terus merembet ke kawasan Kabupaten Pasuruan," jelasnya, Rabu (30/8/2023).

Foto Penampakan Gunung Arjuno dari Tol Malang-Pandaan pasca kebakaran. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)Penampakan Gunung Arjuno dari Tol Malang-Pandaan pasca kebakaran. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

Ajat menguraikan, pihaknya belum bisa mendeteksi luasan wilayah kebakaran. Karena api Belum padam dan masih merembet. Petugas pun masih berjibaku untuk memadamkan api. Namun, ia memastikan bahwa titik api berasal dari lereng Gunung Arjuno di Singosari.

"Terdeteksi terjadi kebakaran sejak tanggal 26 Agustus 2023. Dugaan titik api berasal karena disengaja. Bisa jadi oleh pemburu namun ini masih indikasi. Karena kita belum bisa menangkap tangan," urainya.

Untuk mempercepat pemadaman api, sebanyak 120 petugas Tahura R Soerjo diterjunkan setiap hari. mereka bekerja selama lima hari. Petugas menggunakan metode manual untuk memadamkan api. Yaitu, dengan memotong rating pohon.

Dikatakan Ajat setiap kali ada bantuan personel, mereka langsung naik ke Gunung Arjuno untuk bergabung dengan personil yang sudah ada sebelumnya.

"Tidak gantian. Karena kita tidak shift-shift an. Bagaimana api cepat padam, makanya semua personel kita terjunkan untuk melakukan pemadaman," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gunung Arjuno Karhutla Tahura R Soerjo