Kasus P Diddy, Pengacara Jay-Z Beri 'Ultimatum Hukum' kepada Piers Morgan

Kontributor: Ali Azhar
Editor: Muhammad Faizin

12 Oktober 2024 12:00 12 Okt 2024 12:00

Thumbnail Kasus P Diddy, Pengacara Jay-Z Beri 'Ultimatum Hukum' kepada Piers Morgan Watermark Ketik
Jay-Z di final Liga Champions di London pada 1 Juni 2024. (Foto via Alex Livesey - Danehouse / Getty Images)

KETIK, SURABAYA – Pengacara Jay-Z menyatakan bahwa "ultimatum hukum" kepada pembawa acara talk show Piers Morgan diperlukan setelah seorang tamu membuat perbandingan antara kliennya dengan Sean "Diddy" Combs. Hal ini mendorong Morgan untuk mengambil langkah tidak biasa dengan mengedit wawancara tersebut.

Melansir dari NBC News, Jordan Siev, salah satu pengacara Jay-Z, mengatakan pada Jumat (12/10/2024), "Siaran Piers Morgan yang tidak bertanggung jawab dan penuh dengan kebohongan telah melampaui batas sehingga diperlukan ultimatum hukum."

"Tidak seorang pun yang bertindak dengan kedok jurnalisme dapat mengeluarkan pernyataan yang keterlaluan dari situasi yang eksploitatif dalam upaya untuk mendorong klik, dan tidak harus bertanggung jawab atas hal itu," tambah Siev.

Morgan kemudian meminta maaf dan menyatakan bahwa ia telah mengedit referensi ke Jay-Z dan istrinya, Beyonce, setelah tim hukum pasangan tersebut menghubunginya.

Pada Selasa (9/10/2024), Morgan meminta maaf di acara YouTube hariannya, "Uncensored," atas komentar yang dibuat minggu lalu oleh seorang tamu, penyanyi-penulis lagu Jaguar Wright, yang digambarkannya sebagai "whistleblower" Combs.

Wright, yang memiliki ratusan ribu pengikut di media sosial, telah menggunakan pengalamannya di industri musik untuk mengajukan tuntutan terhadap Combs dan Jay-Z, yang memiliki nama asli Shawn Carter.

Combs sendiri ditangkap bulan lalu dan akan diadili pada bulan Mei dengan tuduhan perdagangan seks, pemerasan, dan transportasi untuk terlibat dalam prostitusi. Dia telah membantah tuduhan tersebut dan tetap ditahan di Brooklyn sambil menunggu banding dengan jaminan.

Setelah tim hukum pasangan tersebut menghubunginya, Morgan menambahkan bahwa programnya setuju untuk memenuhi "permintaan hukum" untuk mengedit referensi tentang mereka dari wawancara Wright.

"Mengedit wawancara bukanlah sesuatu yang kami lakukan dengan mudah di acara yang disebut 'Uncensored,' tapi seperti pepatah teriakan api di teater yang penuh sesak, ada batasan hukum bagi kami juga," kata Morgan. "Kami meminta maaf kepada Jay-Z dan Beyonce."

A.D. Carson, seorang seniman musik dan profesor hip-hop dan Global South di University of Virginia, mengatakan bahwa ada percakapan yang lebih besar yang harus dilakukan tentang tanggung jawab tokoh-tokoh media yang berpengaruh dan platform mereka untuk memeriksa informasi kepada khalayak mereka.

"Saya pikir orang-orang itu bisa lolos dengan berpikir bahwa dengan meminta maaf akan membuka bel," kata Carson. "Dalam ekosistem media di mana informasi konspirasi menyebar dengan cepat dan luas, permintaan maaf hanya menjadi bagian dari konspirasi."

Ia menambahkan bahwa selebriti seperti Jay-Z dan Beyonce memiliki sarana untuk menghentikan rumor yang tidak berdasar dengan cepat, namun orang lain mungkin tidak seberuntung itu ketika mereka terseret dalam informasi yang salah.

Tombol Google News

Tags:

Jay Z P Diddy Beyonce kasus P Diddy