Keren! Desa Dukuh Dempok Jember Inisiasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

29 Maret 2023 06:07 29 Mar 2023 06:07

Thumbnail Keren! Desa Dukuh Dempok Jember Inisiasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengunjungi TPST Harapan Baru di Desa Dukuh Dempok. (Foto: Humas Pemkab Jember)

KETIK, JEMBER – Bersamaan dengan program Jember Berbagi pada Selasa (28/3/2023), Bupati Jember beserta jajarannya berkesempatan mengunjungi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Harapan Baru di Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan.

TPST Harapan Baru ini menjadi tempat pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, sampai pemrosesan akhir sampah.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan jika TPST Harapan Baru ini merupakan inovasi baru pengelolaan sampah yang disertai dengan Bank Sampah, dan pemanfaatan sampah anorganik.

Sistem TPST ini terintegrasi dengan seluruh desa yang ada di Kecamatan Wuluhan. “Semua desa menjadi satu dikelola sendiri, ini menjadi istimewa dan bisa dicontoh oleh 31 kecamatan di Jember,” ujar Hendy Siswanto.

Tak sampai di situ, Pemkab Jember mendukung inovasi tersebut dengan memberikan fasilitas berupa lahan desa dan layanan dari Dinas Lingkungan Hidup. Guna pemanfaatan sampah serta sarana prasarana yang menunjang proses pengolahan TPST.

"Kami akan datangkan truck untuk mengangkut sampah seminggu sekali untuk dibuang di TPA juga mesin cacah diperlukan untuk memproduksi magot. Dari Dinas Lingkungan Hidup akan support motor roda 3 untuk menjemput sampah dari TPST,” pungkas Hendy.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bupati Jember Hendy Siswanto TPST Harapan Baru Desa Dukuh Dempok