KPU Kota Batu Mulai Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

4 Mei 2024 15:30 4 Mei 2024 15:30

Thumbnail KPU Kota Batu Mulai Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 Watermark Ketik
KPU Kota Batu menggelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024 di sebuah hotel di Kota Batu, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – KPU Kota Batu menggelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024 di sebuah hotel di Kota Batu, Sabtu (4/5/2024). Sosialisasi itu menyampaikan informasi terkait Pilkada, baik Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Marlina mengatakan, sosialisasi itu harus segera dilakukan karena tahapan pilkada sudah mulai pada 27 Januari 2024 lalu.

"Namun, kegiatan yang berhimpitan dengan Pemilu kemarin, maka saat ini baru bisa kita laksanakan sosialisasi," katanya.

Menurut Marlina, sosialisasi Pilkada dilakukan setelah penetapan hasil perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kota Batu. Itu karena, dukungan calon Gubernur maupun Wali Kota berdasarkan hasil pemilu legislatif 2024 lalu.

"Maka hari ini bukan terlambat tetapi waktu yang tepat kami menyampaikan kepada publik dan masyarakat untuk mensosialisasikan tahapan pilkada," sambungnya. 

Marlina menyebutkan, ada beberapa hal penting yang harus disampaikan kepada masyarakat dalam sosialisasi itu. Yakni terkait pembentukan badan Ad hoc, PPK dan PPS.

"Kalau PPK sudah berjalan, Dan terdapat 84 peserta pendaftar. Alhamdulillah tanggal 6 Mei 2024 nanti kita akan melaksanakan tes tulis," tambah Marlina.

Selanjutnya, tanggal 2 sampai 8 Mei 2024 merupakan masa pendaftaran untuk PPS. Marlina menguraikan, hari ini ada 84 orang yang sudah mendaftar PPS. Namun saat ini masih pendaftar tersebut masih proses pengisian data.

"Yang perlu kami evaluasi adalah terkadang tidak semua pendaftar mengisi data di Aplikasi Siakba. Ini yang perlu kami antisipasi dengan mengajak masyarakat untuk turut menyampaikan ke publik," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu Sosialisasi Pilkada 2024