Longsor di Subang Telan 2 Korban Jiwa

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

8 Januari 2024 10:37 8 Jan 2024 10:37

Thumbnail Longsor di Subang Telan 2 Korban Jiwa Watermark Ketik
Lokasi longsor di Kp Cipondok Desa Pesanggrahan Kec Kasomalang Kab Subang.(Foto: Basarnas)

KETIK, BANDUNG – Longsor di Kampung Cipondok Desa Pesanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Jawa Barat, menelan dua korban jiwa. 

Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Subang menyebabkan longsor di Kampung Cipondok pada Minggu (7/1/23) sekitar pukul 17.30 WIB. 

Menurut informasi yang diterima Tim Siaga Basarnas Bandung, akibat longsor tersebut sebuah warung milik warga tertimbun longsor dan menyebabkan tertutupnya sumber air. 

Dilaporkan satu orang warga meninggal dunia atas nama Oom (57), serta satu warga lagi atas nama Dana (42) yang diduga hilang dan telah ditemukan jasadnya oleh Tim SAR Gabungan Basarnas Bandung.

Tim SAR Gabungan pun melakukan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yaitu dengan penyisiran di sekitar lokasi kejadian menggunakan alkon di 2 sektor yakni sektor 1 di area warung warga dengan radius 15 meter dan sektor 2 di area perkiran wisata dengan radius 10 meter.

Sekitar pukul 10.22 WIB Tim SAR Gabungan menemukan korban terakhir atas nama Dana (42), yang dilaporkan tertimbun longsoran dan saat ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. 

"Korban selanjutnya dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Puskesmas Kasomalang menggunakan ambulance," kata Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika, Senin (8/1/2023). 

Dengan ditemukannya jasad korban terakhir, Hery secara resmi menutup Operasi SAR Bencana Longsor Kasomalang. Pihaknya berterimakasih kepada seluruh unsur SAR Gabungan baik dari Basarnas, TNI/POLRI, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab. Subang serta Potensi SAR, yang sudah bahu membahu terlibat pada pelaksanaan operasi SAR kali ini.

Sebelumnya Basarnas Bandung memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian, untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap warga terdampak longsor di wilayah tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Longsor Subang Basarnas