Memiliki Resiko Tinggi, Kemoterapi Tidak Menjadi Prioritas Pengobatan Pasien Kanker Darah Lanjut Usia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

24 Oktober 2024 13:10 24 Okt 2024 13:10

Thumbnail Memiliki Resiko Tinggi, Kemoterapi Tidak Menjadi Prioritas Pengobatan Pasien Kanker Darah Lanjut Usia Watermark Ketik
Ilustrasi kemoterapi. (Foto: Kementerian Kesehatan)

KETIK, JAKARTA – Selama ini kemoterapi dikenal sebagai salah satu prosedur pengobatan yang sering digunakan untuk penyakit kanker, termasuk kanker darah.

Akan tetapi dengan semakin berkembangnya dunia pengobatan, kemoterapi bukan lagi pilihan utama dalam mengobati kanker darah.

Dokter Konsultan Hematologi Onkologi, Ikhwan Rinaldi mengatakan bagi penderita kanker darah yang lanjut usia perawatan paliatif menjadi pilihan utama untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Pada kasus pasien kanker darah yang berusia di atas 60 tahun, kami tidak lagi merekomendasikan kemoterapi intensif karena risiko kematian dan kegagalannya sangat tinggi," jelas Ikhwan, dilansir dari Suara.com jaringan media nasional Ketik.co.id, Kamis 24 Oktober 2024.

Pada perawatan paliatif terdapat beberapa langkah pengobatan yang dilakukan seperti transfusi darah untuk menambah sel darah merah, dan penambahan trombosit guna mencegah perdarahan.

Kanker darah sendiri adalah kondisi ketika sel darah berubah menjadi ganas dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Ikhwan menambahkan, ada tiga jenis utama kanker darah, yaitu leukemia, limfoma, dan multiple myeloma.

"Selain leukemia, ada limfoma dengan tingkat harapan hidup yang lebih baik, dan multiple myeloma yang juga dapat memicu leukemia," tambahnya.

Lebih lanjut, karena pasien kanker darah yang lanjut usia memiliki ketahanan tubuh yang sudah jauh menurun maka pengobatan kanker yang lazim digunakan seperti kemoterapi, radioterapi, dan transplantasi sumsum tulang tidak dilakukan karena memiliki resiko yang tinggi.

Perawatan paliatif tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga mendukung kesehatan psikologis, emosional, dan spiritual pasien, memberi mereka semangat untuk bertahan hidup.

Bagi pasien kanker darah yang lanjut usia prioritas pengobatan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberikan mereka keleluasaan menikmati sisa waktu yang dimiliki agar lebih bermakna.

"Perawatan ini dilakukan agar pasien tidak mengalami depresi, lebih kuat, dan mampu menjalani hidup dengan lebih baik," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Kanker Darah Lanjut usia Kemoterapi resiko tinggi Pengobatan paliatif