Menjaga Kebersihan Kaki Menjelang Musim Hujan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

11 November 2023 22:01 11 Nov 2023 22:01

Thumbnail Menjaga Kebersihan Kaki Menjelang Musim Hujan Watermark Ketik
Ilustrasi kaki saat melewati genangan air. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Musim hujan sebentar lagi akan datang, melanda, bahkan beberapa daerah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Menghadapi musim hujan tentu kita harus menyiapkan berbagai hal sebagai antisipasi. Selain itu, menjaga kebersihan tidak boleh terlewat. Saat musim hujan jalanan di berbagai tempat pasti akan basah dan becek.

Bagian tubuh yang rentan kotor adalah kaki. Karena mau tak mau kita pasti akan melewati jalanan yang basah dan kotor. 

Yup, di musim hujan seperti sekarang ini, masalah kesehatan kuku kaki jadi hal yang perlu diperhatikan. Cuaca hujan rentan menyebabkan berbagai masalah seperti jamur hingga kutu air.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kaki.

1. Bilas kaki dengan air hangat

Bagi Anda penggendara motor atau pengguna angkutan umum sering kali mengganti sepatu dengan sandal saat hujan datang mengguyur. Namun hal ini tentu akan membuat kaki kita rentan terkena cipratan air yang kotor.

Begitu sampai di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera mencuci kaki. Setelah itu, siapkan baskom berisi air hangat yang berisi cairan antiseptik atau sea salt. Gunakan untuk merendam kaki yang dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang menempel. 

 

2. Gosok dengan sikat lembut

Selain merendam kaki di dalam air hangat, tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyikat area kaki dan kuku dengan bantuan sikat lembut dan sabun. Cara ini penting untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela kuku dan sulit dijangkau hanya dengan merendam kaki saja.

 

3. Potong kuku kaki secara rutin

Untuk mencegah kotoran kuman dan bakteri hinggap di bawah kuku. Sebaiknya lakukan pemotongan kuku kaki secara rutin. Hal ini karena kuku yang panjang rentan sekali dihinggapi oleh kuman dan bakteri yang berbahaya.

 

4. Menjaga kelembapan kaki

jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan di area yang satu ini. Pelembap sangat penting untuk menjaga kuku kaki tetap lembap, nggak mudah rapuh dan patah. Selain itu, mengaplikasikan pelembap sambil memberikan pijatan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah di area tersebut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kebersihan Kaki Musim Hujan kesehatan Kotoran kuku Lembab kotor