Mobil Kawanku Kota Batu Segera Beroperasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

18 Oktober 2023 06:16 18 Okt 2023 06:16

Thumbnail Mobil Kawanku Kota Batu Segera Beroperasi Watermark Ketik
Mobil Shuttle Kawanku saat dipamerkan di Bazar murah dan pameran UMKM HUT ke 22 Kota Batu di Balai Kota Among Tani, Rabu (18/10/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebentar lagi kota Batu akan memiliki mobil shuttle wisata. Mobil bernama Kawanku atau akronim dari Kendaraan Angkutan Wisata Kota Batu tersebut merupakan mobil shuttle yang akan mengantarkan wisatawan ke tempat wisata.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Batu, Chliman Suadi mengatakan 5 unit mobil Kawanku sudah keluar izin beroperasi. Sementara, ada 12 unit yang diusulkan ke Kementerian Perhubungan RI.

"Mobil Kawanku segera beroperasi di Kota Batu. Yang sudah keluar izinnya baru 5 dari 12 unit yang kita usulkan. 7 unit sisanya harus melalui tahapan lagi," Katanya, Rabu (18/10/2023).

Chliman menjelaskan, lima unit Kawanku yang sudah keluar izin tersebut sudah dilakukan uji fisik. Selanjutnya, kelima unit tersebut harus izin lagi ke Online Single Submission (OSS). 

"Meskipun sudah keluar izinnya dari Kementerian Perhubungan harus verifikasi terlebih dahulu. Jadi prosesnya memang masih panjang untuk beroperasi," tambahnya.

Mobil shuttle Kawanku dirancang dari mobil angkutan umum serta dibiayai dari anggaran pribadi sopir angkutan umum. Pihak Dinas Perhubungan hanya membantu perizinannya. Mobil ini akan memudahkan wisatawan untuk menjangkau wisata yang ada di Kota Batu.

"Tujuh unit lain Kawanku yang belum keluar izinnya bisa jadi ada kekurangan yang belum terpenuhi. Kami berharap, semua berhasil keluar izinnya," urainya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mobil kawanku Kota Batu pariwisata