Mohon Perhatian! ini Jangka Waktu Menyimpan Daging di Freezer

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

28 Mei 2023 03:00 28 Mei 2023 03:00

Thumbnail Mohon Perhatian! ini Jangka Waktu Menyimpan Daging di Freezer Watermark Ketik
Daging kerbau dan sapi bisa bertahan cukup lama di dalam freezer. (Foto: Getty via Oureverydaylife)

KETIK, JAKARTA – Membeli daging dalam jumlah banyak diharapkan efektif dalam berbelanja. Selain itu, belanja daging dalam jumlah besar agar tidak mondar-mandir ke pasar tradisional maupun supermarket.

Catatan penting dalam menyimpan berbagai jenis daging kerap diabaikan. Apalagi tiap-tiap daging memiliki jenis dan daya tahan yang tidak sama. Sebelum daging diolah perlu disimpan di dalam freezer agar vitamin dan warnanya tidak rusak.

Beberapa jenis daging memiliki batas waktu tertentu peyimpanan di dalam freezer. misalnya daging ayam, sapi dan ikan, maupun daging olahan. Berikut aturannya:

Daging Sapi

Daging sapi, kambing, domba, dan kerbau bisa bertahan hingga tiga hari di dalam lemari es. Biasanya penempatan di lemari es ini agar segera bisa diolah atau dimasak.

Namun pada saat disimpan di tempat pembeku atau freezer, daging sapi, kerbau, kambing atau domba sanggup bertahan hingga enam bulan sampai 12 bulan.

Daging Olahan

Daging sapi olahan seperti ham, sosis, patty, bacon, dan sejenisnya lebih mudah disimpan. Jenis ini bisa bertahan tujuh hari dalam lemari es, sedangkan di dalam freezer hanya sanggup bertahan dua bulan.

Daging Ayam

Penanganan daging ayam sedikit berbeda dengan daging sapi atau kambing. Sebab daging ayam bisa dipotong-potong yang meliputi sayap, paha, atau dada. Nah, potongan ayam itu memiliki jangka waktu yang berbeda dengan ayam utuh.

Daging ayam yang sudah dipotong-potong bisa bertahan maksimal sembilan bulan. Sedangkan ayam yang utuh bisa bertahan hingga satu tahun. Khusus untuk jerohan ayam, Anda hanya bisa menyimpan hingga empat bulan.

Seafood

Memang tidak sama dengan berbagai jenis daging. Sebab produk laut cukup banyak, misalnya kerang, kepiting, udang atau cumi-cumi. Jenis ini berbeda dengan ikan bersisik yang memiliki lemak maupun tak berlemak.

Ikan bersisik yang memiliki rendah atau tidak memiliki lemak seperti ikan tengiri, nila, tuna, cod, dan salmon maksimal bisa bertahan hingga delapan bulan. Sebaliknya, ikan berlemak hanya bertahan hingga tiga bulan.

Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan penjual, jangka waktu untuk menyimpan daging sapi, kambing, ayam, daging olahan, maupun ikan. Selamat berbelanja.(*)

Tags:

daging sapi Daging ayam Seafood ikan tuna ikan salmon menyimpan daging