Partai Demokrat Sambut Baik PKS Dukung Anies Baswedan 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

24 Februari 2023 10:38 24 Feb 2023 10:38

Thumbnail Partai Demokrat Sambut Baik PKS Dukung Anies Baswedan  Watermark Ketik
Anies Baswedan saat berada di DPP Partai Demokrat. (Foto: Instagram aniesnaswedan) 

KETIK, JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan partainya mengapresiasi langkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilu 2024. 

"Kami mengapresiasi langkah teman-teman PKS ini, serta menghormati proses dan mekanisme di internal masing-masing parpol mitra koalisi perubahan," kata Herzaky, Jumat (24/2/2023). 

Herzaky mengatakan, deklarasi oleh Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres pun sudah tuntas dengan pernyataan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di akhir Januari lalu. 

Dia mengklaim, baik NasDem, Demokrat, dan PKS berada dalam posisi setara dengan saling menghormati mekanisme masing-masing. Lalu, setiap keputusan diambil berdasarkan konsensus bersama. 

"Koalisi Perubahan sangat solid. Anies Baswedan insya Allah akan berlayar sebagai capres di 2024 diusung Koalisi Perubahan," ungkapnya. 

Sebelumnya, Kamis (23/2/2023), PKS resmi mendeklarasikan Anies sebagai capres usungan di Pilpres 2024. PKS mengikuti jejak NasDem yang sudah terlebih dahulu mendeklarasikan Anies pada Oktober 2022 dan Demokrat pada Januari 2023. 

Begitu pula, lanjut dia, dengan mekanisme internal Partai Demokrat dalam menentukan koalisi dan capres telah selesai. 

"Jadi, tolong stop semua, disudahil upaya-upaya framing atau membuat berita bohong deklarasi Koalisi Perubahan belum bisa dilakukan karena Demokrat belum deklarasi, Demokrat belum selesaikan mekanisme internal, ataupun Demokrat masih memaksakan cawapres tertentu," tuturnya. (")

Tombol Google News

Tags:

Partai Demokrat Anies Baswedan PKS bacapres