Peringati 75 Tahun Berdiri, Seminari Garum Gelar Charity Concert

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

4 Agustus 2023 01:54 4 Agt 2023 01:54

Thumbnail Peringati 75 Tahun Berdiri, Seminari Garum Gelar Charity Concert Watermark Ketik
Pelukis Bung Yon menjelaskan lukisannya kepada pengunjung, Kamis (3/8/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memperingati hari jadinya yang ke-75, Seminari Menengah St Vincentius a Paulo Garum (Seminari Garum) Keuskupan Surabaya menggelar Charity concert dan pameran lukisan dengan nama Vecumfest.

Acara mengangkat tema "The Spirit of Mission" dan berlangsung di Widya Mandala Hall pada 3-5 Agustus 2023.

Pameran lukisan berisi sekitar 67 karya dari berbagai perupa dan juga romo. Yang hasilnya nanti akan disumbangkan untuk Keuskupan Surabaya.

Sedangkan untuk konser akan berlangsung pada Sabtu 5 Agustus 2023. Selain band konser musik juga akan diisi oleh orchestra, dancer, tarian tradisional, gamelan, puisi dan drama.

"Selain pameran lukisan dan konser musik, kita juga ada sarasehan budaya dengan mengundang para seniman," terang Rektor Seminari Menengah Vincentius a Paulo Garum.

Foto Para panitia dan pengisi acara Vecumfest 2023, Kamis (3/8/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para panitia dan pengisi acara Vecumfest 2023, Kamis (3/8/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sementara itu salah satu pelukis Bung Yon mangatakan pada pameran kali ini dirinya memamerkan lukisan abstrak yang terinspirasi dari keberadaan Tuhan. Walaupun tidak terlihat namun Tuhan bukan berarti tidak ada.

"Sesuatu yang tidak terlihat belum tentu tidak ada, begitu juga sebaliknya. Inilah cara kita mengimani Tuhan," jelasnya.

Bung Yon menambahkan untuk membuat lukisan ini dirinya memerlukan waktu sekitar satu minggu. Tantangan dalam pembuatannya adalah walaupun bertema abstrak, namun banyak detail yang harus dibuat. Melalui karyanya ini dirinya ingin memberikan pesan jika Tuhan selalu dekat jika kita mengimaninya. Tuhan tidak pernah meninggalkan umatnya selama dia percaya. 

"Pembuatannya tidak bisa sehari jadi, karena banyak detail yang harus dilengkapi terutama saat finishing," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Seminari Garum Keuskupan Surabaya Charity concert pameran lukisan