Profil Budiman Sudjatmiko, Penentang Soeharto yang Kini Jadi Kepala Badan di Era Prabowo

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2024 15:30 23 Okt 2024 15:30

Thumbnail Profil Budiman Sudjatmiko, Penentang Soeharto yang Kini Jadi Kepala Badan di Era Prabowo Watermark Ketik
Potret Budiman Sudjatmiko. (Foto: Instagram @masbud_sudjatmiko)

KETIK, JAKARTA – Budiman Sudjatmiko bergabung dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan.

Budiman akan dibantu oleh Nanik Sudaryati Deyang sebagai Wakil I, dan Iwan Sumule sebagai Wakil II. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 145/P Tahun 2024.

Siapa Budiman Sudjatmiko, Ini Profilnya.

Budiman Sudjatmiko adalah seorang politikus dan aktivis asal Indonesia yang dikenal karena perannya dalam memperjuangkan reformasi dan demokrasi di Indonesia.

Ia lahir pada 10 Maret 1970 di Cilacap, Jawa Tengah. Budiman menjadi terkenal sebagai salah satu pemimpin gerakan mahasiswa dan aktivis pada era Orde Baru.

Budiman merupakan tahanan politik (tapol) pada 1997 lalu sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD), sebuah partai yang aktif menentang pemerintahan Soeharto.

Pada tahun 1996, Budiman ditangkap dan dipenjara oleh pemerintah Orde Baru karena keterlibatannya dalam aksi-aksi protes dan tuduhan subversi terkait kerusuhan 27 Juli 1996 (Peristiwa Kudatuli). Ia dipenjara selama beberapa tahun dan dibebaskan setelah jatuhnya Soeharto pada 1998.

Setelah era reformasi, Budiman terlibat dalam dunia politik formal dan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Ia menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI selama beberapa periode.

Budiman juga dikenal sebagai penulis dan pengamat politik yang sering memberikan pandangan kritis mengenai isu-isu sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia.

Selain keterlibatannya di dunia politik, Budiman juga aktif dalam advokasi terkait inovasi dan teknologi, dengan fokus pada pengembangan desa dan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi inovatif.

Tombol Google News

Tags:

Budiman Sudjatmiko Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan Kabinet Prabowo Profil Budiman Sudjatmiko