Gantikan Retno Marsudi, Inilah Sosok Menlu Sugiono yang Berlatar Belakang Militer

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 16:30 22 Okt 2024 16:30

Thumbnail Gantikan Retno Marsudi, Inilah Sosok Menlu Sugiono yang Berlatar Belakang Militer Watermark Ketik
Menteri Luar Negeri, Sugiono beserta istri. (Foto: instagram @sugiono_56)

KETIK, JAKARTA – Dalam jajaran menteri di kabinet Merah Putih Pimpinan Presiden Prabowo Subianto, terdapat beberapa nama baru, salah satunya adalah Menteri Luar Negeri (Menlu) Sugiono. Sugiono menggantikan Menlu sebelumnya yang dijabat oleh Retno Marsudi.

Menjabat sebagai Menlu RI Sugiono sendiri tidak berasal dari kalangan diplomat. Sugiono memiliki latar belakang militer, tepatnya dirinya pernah menjadi personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Profil Sugiono

Sugiono lahir di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979. Selama beberapa tahun dirinya telah menempuh pendidikan di SDN 1 Takengon tahun 1985 dan SMPN 3 Banda Aceh pada 1991. Pada saat memasuki bangku SMA dirinya pindah ke Magelang dan menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang tahun 1994.

Semasa SMA, Sugiono dikenal sebagai siswa yang aktif. Ia pernah bertarung dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam pemilihan ketua OSIS SMA Taruna Nusantara.

Usai lulus SMA, Sugiono mengenyam pendidikan di kampus militer Norwich University, Amerika Serikat melalui program beasiswa yang diberikan oleh Presiden Prabowo pada saat masih menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Usai lulus dari Amerika Serikat, Sugiono kembali ke Tanah Air dan mengikuti pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang. Sugiono berhasil lulus 2002 dan mengawali karirnya sebagai perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua korps Infanteri.

Sugiono dikenal merupakan sosok yang dekat dengan Prabowo Subianto. Sejak masih aktif di TNI AD , Sugiono sudah menjadi sekretaris pribadi dari Prabowo Subianto. Bahkan usai pensiun dini dari TNI AD, Sugiono pun tidak lantas menganggur. Sebab, ia masih melanjutkan karirnya sebagai sespri Prabowo.

Karir politik

Sugiono mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2008. Dirinya menjadi salah satu Anggota Dewan Pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya( Gerindra). Dirinya sempat menjadi Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra periode 2020-2025. Tak hanya itu, pada 2021-2024 dia juga menjadi Ketua Fraksi Gerindra MPR RI.

Dikenal dekat dengan Prabowo nama Sugiono sebelumnya memang sempat digadang-gadang akan menduduki posisi penting di Kabinet Merah Putih. Dan kini dirinya ditunjuk untuk membawa nama Indonesia di kancah internasional sebagai Menteri Luar Negeri. 

Sugiono akan memimpin Kementerian Luar Negeri RI periode 2024-2029. Ia akan didampingi tiga Wakil Menteri Luar Negeri, yakni Arrmanatha Nasir, Havas Oegroseno dan Anis Matta.(*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri Luar Negeri Sugiono Partai Gerindra Kabinet Merah Putih militer Prabowo Subianto