Puan Maharani Beri Tanggapan Terkait Ditunjuknya Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

22 Oktober 2023 04:43 22 Okt 2023 04:43

Thumbnail Puan Maharani Beri Tanggapan Terkait Ditunjuknya Gibran Jadi Cawapres Prabowo Watermark Ketik
Puan Maharani Ketua DPR RI setelah menghadiri Apel Hari Santri 2023 di Surabaya (22/10/2023). (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipilih Golkar menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. Menanggapi hal tersebut Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut langsung memberikan komentar singkat.

"Ya pasti seorang Bapak akan dukung yang terbaik buat anaknya," ujar Puan Maharani setelah Apel Hari Santri, Minggu (22/10/2023).

Puan mengatakan, "Jangan berandai-andai. Kan belum tentu maju," tegasnya.

Puan juga mengapresiasi sikap Presiden Jokowi yang sejauh ini masih netral dalam menghadapi Pilpres 2024.

Begitupun terkait respon Jokowi yang tidak secara tegas menyatakan dukungan ke Ganjar Pranowo, meskipun sama-sama kader PDI Perjuangan.

Menurut Puan, seorang negarawan memang sudah seharusnya seperti itu. Tidak menyatakan dukungan terhadap salah satu paslon yang akan berkontestasi di Pilpres 2024.

"Seorang presiden tidak berpihak dalam kontestasi Pilpres yang akan datang, karena berkeinginan pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik, lancar, adem, gembira, rakyat tidak tertekan," paparnya.

"Saya apresiasi yang disampaikan Pak Jokowi. Pasti Presiden Jokowi bisa menempatkan diri sebagai Presiden RI, Presiden seluruh rakyat indonesia," imbuh Ketua DPR RI ini.

Jokowi memang tidak secara tegas mendukung langkah sang anak jika benar-benar maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Puan Maharani Gibran Rakabuming Jokowi pilpres2024 pemilu2024