Ratusan Siswa SMAN 1 Besuki Ikuti Kemenkeu Mengajar 9, Dibekali Literasi Keuangan

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

8 Oktober 2024 19:48 8 Okt 2024 19:48

Thumbnail Ratusan Siswa SMAN 1 Besuki Ikuti Kemenkeu Mengajar 9, Dibekali Literasi Keuangan Watermark Ketik
Keseruan Kemenkeu Mengajar 9 di SMAN 1 Besuki. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Kemenkeu Mengajar 9 (KM 9) tahun ini menyasar sejumlah sekolah dari berbagai jenjang. Salah satunya digelar di SMAN 1 Besuki Situbondo yang menjadi sekolah kolaborator.

Kegiatan KM 9 ini diikuti seluruh siswa-siswi kelas 12 SMAN 1 Besuki sejumlah 250 siswa.

Kemenkeu Mengajar 9 (KM 9) merupakan kegiatan sukarelawan oleh para ASN Kementerian Keuangan yang dilakukan setiap tahun.

Tahun ini adalah Tahun ke-9 yang diadakan serentak seluruh Indonesia pada Senin, 7 Oktober 2024 dengan tema “Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan".

Foto Semarak siswa SMAN 1 Besuki mengikuti Kemenkeu Mengajar 9. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Semarak siswa SMAN 1 Besuki mengikuti Kemenkeu Mengajar 9. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

Menurut koordinator daerah KM9 Situbondo I Made Sujendra bahwa SMAN 1 Besuki terpilih menjadi sekolah kolaborator karena SMAN 1 Besuki adalah sekolah unik dan membawa suasana sejarah Karesidenan Besuki.

Rangkaian acara KM9 ini dibuka dengan apel serta diiringi penampilan tari dari perwakilan siswa SMAN 1 Besuki dan dibuka oleh pembina KM 9 Situbondo yaitu Rifki Pujiarso selaku Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal KPP Pratama Situbondo karena kepala kantor yang berhalangan hadir.

Ratusan siswa mendapatkan literasi keuangan, salah satunya tentang APBN dan nilai-nilai Kementerian Keuangan oleh para relawan pengajar KM 9 Situbondo yang berjumlah 14 relawan.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh salah satu influencer Situbondo yaitu Muchsin Basri yang dikenal dengan skena anak Kabupaten Situbondo untuk pemberian motivasi kepada seluruh siswa.

Foto Kemenkeu Mengajar 9 di SMAN 1 Besuki. (Foto: Dok. Ketik.co.id)Kemenkeu Mengajar 9 di SMAN 1 Besuki. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

I Made Sujendra Korda KM 9 Situbondo mengatakan bahwa dengan hadirnya Muchsin diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa siswi untuk dapat meraih cita-citanya dan membuka wawasan tentang insight dunia digital.

Kegiatan ini ditutup oleh kepala sekolah SMAN 1 Besuki dilanjutkan dengan closing ceremonial penerbangan pesawat kertas oleh seluruh siswa siswi dengan harapan apa yang ditulis di pesawat kertas tersebut bisa terbang tinggi/terkabul. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkeu Mengajar 9 Kemenkeu Mengajar SMAN 1 Besuki