Risma Janji Buatkan Instalasi Air Bersih di Lamongan Jika Terpilih sebagai Gubernur Jatim

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

6 Oktober 2024 16:24 6 Okt 2024 16:24

Thumbnail Risma Janji Buatkan Instalasi Air Bersih di Lamongan Jika Terpilih sebagai Gubernur Jatim Watermark Ketik
Risma saat menghadiri Maulid Nabi Desa Margoanyar, Glagah, Kabupaten Lamongan. (Foto: PDIP Jatim)

KETIK, LAMONGAN – Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini mendengarkan keluhan masyarakat di di Desa Margoanyar, Glagah, Kabupaten Lamongan.

Masyarakat Margoanyar bercerita kepada Risma bahwa mereka kerap mengalami kesulitan untuk mengakses air bersih di wilayah setempat, utamanya saat musim kemarau.

Karena itu, Risma menawarkan sebuah jalan keluar untuk ketersediaan air bersih di wilayah tersebut, dengan menggunakan teknologi penyulingan atau reverse osmosis (RO).

"Teknologi ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih di daerah-daerah yang dekat dengan pesisir," ujarnya saat hadir pada acara Maulid Nabi Desa Margoanyar, Glagah, Kabupaten Lamongan pada Sabtu 5 Oktober 2024.

Risma menjabarkan kecanggihan teknologi penyulingan RO. Ia pernah memanfaatkannya saat masih menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia.

"Teknologi penyulingan RO dikombinasikan dengan filter bisa untuk mengatasi permasalahan logam berat. Mulai dari besi sampai mangan," jelas Risma.

Selain mampu menghasilkan air bersih dan air minum yang layak. Teknologi RO juga membantu mengurangi ketergantungan pada sumber air tanah yang kian menipis.

Proses penyulingan RO dilakukan dengan teknologi desalinasi. Tujuannya mengubah air laut atau payau menjadi air yang layak dikonsumsi.

Risma menyebut teknologi RO telah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia. Khususnya daerah-daerah pesisir yang kerap kesulitan mendapatkan air tawar.

“Di Jakarta sudah ada lima titik. Di Aceh, NTT, sampai dengan Papua juga sudah ada puluhan instalasi pengolahan air bersih dan air minum,” terang Wali Kota Surabaya Dua Periode ini.

Risma berharap solusi yang ditawarkan bisa direalisasi, sehingga warga Desa Margoanyar tidak lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan layak diminum.

“InsyaAllah kalau Tuhan memberi amanah, saya akan membuat instalasi pengolahan air bersih dan air minum sehingga bisa dimanfaatkan warga Lamongan,” pungkas Cagub Jatim nomor urut 3.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tri Rismaharini Desa Margoanyar Lamongan RO penyulingan RO Menteri Sosial Pilgub Jatim