Sudah Capai 50 Persen, PG Ngadirejo Kediri Targetkan Produksi Gula 65 Ribu Ton

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: M. Rifat

6 Agustus 2024 01:38 6 Agt 2024 01:38

Thumbnail Sudah Capai 50 Persen, PG Ngadirejo Kediri Targetkan Produksi Gula 65 Ribu Ton Watermark Ketik
Proses giling tebu di PG Ngadirejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Senin (5/8/2024). (Foto: Aan for Ketik.co.id)

KETIK, KEDIRI – Pabrik Gula (PG) Ngadiredjo Kediri menargetkan produksi gula yang akan dicapai pada tahun 2024 adalah 65.229 ton. Jumlah itu naik dibanding tahun sebelumnya yakni 64 ton.

Humas PG Ngadirejo, Zainul Arif mengatakan hingga hari ke-73 masa produksi gula mencapai 32.684 ton. Sementara, memasuki hari giling ke-74 ini, sudah mencapai 50 persen dari target yang dicanangkan.

"Dari target 158 hari giling tahun 2024, PG Ngadiredjo telah menggiling tebu sebanyak 434.683 ton, dari target sampai akhir giling 823.967 ton," katanya, Senin (5/8/2024). 

Dari jumlah tersebut, Zainul berharap agar sisa waktu giling sampai Oktober 2024 nanti bisa lancar dan membaik. Itu untuk cakupan wilayah kerja PG Ngadirejo, kebanyakan berlokasi di wilayah selatan seperti di Kecamatan Ngadiluwih, Kras dan Kandat.

Selain itu juga ada kebun tebu yang berada di wilayah timur seperti di Ngancar dan Wates hingga Kabupaten Blitar. 

"Kami mohon doa restu dan dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat semoga giling 2024 terus berjalan lancar dan bisa melampaui target yang dicanangkan, dan kembali menjadi juara sebagai Pabrik Gula terbaik," ucapnya. 

Meski begitu, Zainul memastikan jika pasokan tebu lokal di Kediri masih stabil. Begitu pula kualitas tebu di PG Ngadirejo Ngadiluwih terbilang baik. Pihaknya juga melakukan monitoring kepada para petani tebu.

"Alhamdulillah sudah membaik kembali. Kita juga sering terjun ke para petani tebu untuk melihat kondisi tanaman tebu," jelas Zainul.

Sebagai tambahan, PG Ngadirejo sebelumnya berada di bawah naungan PT Perkebunan Nusantara X. Mulai tahun 2023 ini dengan core bussines BUMN di Indonesia dijadikan satu menjadi 36 pabrik gula dibawah nama PT Sinergi Gula Nusantara.

PG Ngadirejo masuk dalam wilayah regional Jatim 1. Dalam wilayah itu ada PG Ngadirejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri, PG PG Pesantren Baru dan PG Mrican Kota Kediri, PG Tjoekir Jombang serta PG Mojopanggung Tulungagung. (*)

Tombol Google News

Tags:

PH Ngadirejo Kediri produksi gula gula Kediri pabrik gula kediri