Tersambar Petir, Lereng Gunung Panderman Kota Batu Terbakar

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

21 November 2023 23:54 21 Nov 2023 23:54

Thumbnail Tersambar Petir, Lereng Gunung Panderman Kota Batu Terbakar Watermark Ketik
Kebakaran yang terjadi di Lereng Gunung Panderman petak 227 RPH Oro-Oro Ombo Kota Batu. (Foto: BPBD Kota Batu)

KETIK, BATU – Kebakaran Hutan dan Lahan melanda Lereng Gunung Panderman di petak 227 RPH Oro-Oro Ombo Kota Batu. Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan api pertama kali diketahui pada Pukul 15.30 WIB Selasa, (21/11/ 2023) kemarin.

Petugas gabungan BPBD Kota Batu, Perhutani KPH Malang TNI Polri dan relawan bergerak cepat untuk memadamkan kebakaran tersebut. Namun, petugas belum bisa memadamkan kobaran api hingga malam menjelang.

"Sampai malam, api masih belum padam, pemadaman akan dilanjutkan pagi ini karena jalur tidak memungkinkan untuk malam hari," katanya, Rabu (22/11/2023).

Menurut Agung, kebakaran tersebut terjadi karena sambaran petir yang mengenai pohon di lereng Gunung Panderman. Kemudian, api merembet hingga ke puncak Gunung Panderman.

Vegetasi pohon cemara dan alang-alang yang sudah kering di gunung panderman mempercepat kobaran api. "Petugas langsung melakukan kaji cepat dan pemadaman secara manual, pembuatan sekat bakar dan koordinasi dengan pihak terkait," tambahnya.

Agung menegaskan, belum diketahui berapa luasan lahan yang terbakar, karena saat ini pihak BPBD Kota Batu masih melakukan upaya pemadaman di lokasi kebakaran.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktifitas di sekitar lokasi kebakaran karena sangat berbahaya, api sangat cepat menyambar lahan yang kering," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

kebakaran Kota Batu Gunung Panderman