Tips Sehat ala Mbah Harun, Jamaah Haji Tertua di Indonesia Usia 119 Tahun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

25 Mei 2023 07:19 25 Mei 2023 07:19

Thumbnail Tips Sehat ala Mbah Harun, Jamaah Haji Tertua di Indonesia Usia 119 Tahun Watermark Ketik
Mbah Harun, Kamis (25/5/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Calon jemaah haji (CJH) Harun Bin Senar asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Kamis (25/5/2023) pukul 12.00 WIB.

Dengan dibantu petugas pria memasuki gedung Roudho untuk transit sebelum memasuki asrama. Harun merupakan CJH dengan usia tertua di Indonesia dengan usia 119 tahun. Walaupun telah berusia lanjut pria yang akrab disapa Mbah Harun ini masih terlihat segar bugar, bahkan dirinya tidak menggunakan tongkat atau kursi roda untuk berjalan.

Dengan dibantu penerjemah bahasa Madura, Mbah Harun mengatakan rahasia sehatnya adalah selalu berolahraga, selain itu dirinya juga rajin salat malam dan membaca Alquran.

"Saya dulu rajin bersepeda terutama saat ke pasar, namun sekarang sudah berhenti karena takut jatuh. Selain itu salat malam juga tidak pernah lupa dilakukan secara istiqomah agar hajat bisa tercapai," ujarnya.

Pria kelahiran tahun 1904 ini bersyukur di usianya yang sudah senja diberikan kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5. Untuk berangkat haji pria ini rela menjual tanah di dekat tempat tinggalnya.

Foto Harun saat dibantu petugas setibanya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (25/5/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Mbah Harun (tengah) saat dibantu petugas setibanya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (25/5/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Mbah Harun sebenarnya dijadwalkan berangkat pada 2046. Namun karena Pemprov Jatim berhasil mendapatkan tambahan kuota haji 1.758 orang, akhirnya Mbah Harun dapat berangkat tahun ini dan tergabung di kloter 6.

"Alhamdulillah tentu sangat senang sekali bisa berangkat tahun ini," tambah Mbah Harun.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram menuturkan saat ini kondisi dari Mbah Harun bisa dikatakan sangat sehat. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan mbah Harun siap untuk berangkat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

"Saat ini kondisi Mbah Harun sangat sehat, bahkan beliau tidak memerlukan alat bantu untuk berjalan. Namun kami tetap akan memantau kesehatannya bersama dengan jemaah lansia lainnya saat di Tanah Suci. Akan ada petugas pendamping lansia yang berjaga untuk memantau kesehatan para jemaah," jelas Husnul.(*)

Tombol Google News

Tags:

CJH lansia Harun bin Senar Pamekasan kloter 6 Embarkasi Surabaya