Trending Sepekan: Gugatan Kwarnas dan Sosok Pengganti Budi Waseso

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

17 September 2023 05:36 17 Sep 2023 05:36

Thumbnail Trending Sepekan: Gugatan Kwarnas dan Sosok Pengganti Budi Waseso Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala)

KETIK, JAKARTA – Berita seputar Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menjadi sorotan pekan ini. Pertama terkait munculnya tiga sosok calon pengganti Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso sebagai ketua kwarnas.

Budi Waseso juga menjadi perhatian setelah digugat oleh mantan anak buahnya ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Saat ini, perkara tersebut masih berjalan.

Selain berita tentang Kwarnas, berita dari Pacitan juga mendominasi trending sepekan. Informasi tentang karnaval Cemorokandang yang menghadirkan puluhan sound system masuk berita terpopuler.

Berikut 5 berita trending sepekan pilihan redaksi:

https://ketik.co.id/berita/intip-sosok-3-calon-kuat-ketua-kwarnas-2023-2028-pengganti-buwas

Pemilihan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka segera bergulir dalam Musyawarah Nasional (Munas) XI pada 1-4 Desember 2023 mendatang.

Munas dijadwalkan akan berlangsung di Banda Aceh. Nama-nama sosok pengganti Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso kian menguat. 

Ada Ketua Kwarda Pramuka DIY GKR Mangkubumi, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra.

https://ketik.co.id/berita/kapan-awal-musim-hujan-di-kabupaten-pacitan-ini-prediksi-bmkg

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di tanah air, secara umum akan terjadi pada bulan November tahun 2023. Namun, akibat tingginya keragaman iklim di Indonesia, maka awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah.

Termasuk di Kabupaten Pacitan, untuk beberapa hari ke depan, sejauh ini belum terdapat tren yang menunjukkan label cuaca hujan. Sebagian besar kondisi cuaca cenderung berawan dan cerah dengan suhu antara 20 hingga 30 derajat celcius, tingkat kelembaban 60 hingga 95 persen.

https://ketik.co.id/berita/puluhan-sound-system-guncangkan-karnaval-cemorokandang 

Karnaval yang digelar warga Cemorokandang berlangsung heboh pada Minggu (10/9/2023). Lebih dari 10 sound system mengguncang geliat di sepanjang Jalan Raya Cemorokandang. 

Sound system tersebut diperoleh dari pengusaha sound asal Tumpang, Kabupaten Malang yakni Ardi. Saat ditemui di lokasi karnaval, Andi mengaku bahwa warga RT 03 RW 02 Kebalon secara khusus menyewa sound untuk karnaval tersebut.

https://ketik.co.id/berita/kisah-pencuri-yang-tragis-asal-nama-wilayah-maling-mati-di-pacitan

Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang dikenal dengan keindahan alamnya, terdapat sebuah kisah yang telah menghiasi cerita rakyat selama bertahun-tahun. Warga percaya bahwa kisah ini menjadi asal usul nama suatu wilayah setempat.

Nama wilayah ini telah menjadi bagian penting dari sejarah dan budaya lokal, meskipun asal usulnya masih menjadi misteri yang belum sepenuhnya terpecahkan. Wilayah ini terletak di RT 01 RW 03, Kelurahan Pucang Sewu, dengan jarak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota.

https://ketik.co.id/berita/buntut-pemecatan-pengurus-oleh-ketua-kwarnas-sidang-ptun-hadirkan-saksi-minta-presiden-tegur-buwas

Irsyad Noeri meminta Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka agar menegur Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas) karena memberhentikan 10 orang Andalan Nasional.

Kesepuluh Andalan ini merupakan bagian dari 97 orang yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana pada 27 Desember 2018 melalui Keppres Nomor 67/M Tahun 2018.(*)

Tombol Google News

Tags:

Trending Sepekan Kwarnas Budi Waseso