Wajib Tahu, Berikut Ini Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Millah Irodah

29 Juli 2022 11:44 29 Jul 2022 11:44

Thumbnail Wajib Tahu, Berikut Ini Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes Watermark Ketik
ilustrasi diabetes. (foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Bagi Anda penderita diabetes sebaiknya mencermati pantangan makanan untuk penderita diabetes. Sebab, diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.  Makan makanan tertentu pun dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin serta meningkatkan perada

Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk membatasi atau bahkan mengurangi asupan karbohidrat mereka. Sebab, karbohidrat berkontribusi terhadap tingginya gula darah dan menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes.  Lantas, apa saja pantangan makanan untuk penderita diabetes? 

Berikut ini pantangan makanan untuk penderita diabetes: 

1. Minuman mengandung pemanis

Minuman manis atau berpemanis menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes. Minuman berpemanis sarat dengan karbohidrat dan fruktosa, yang sangat terkait dengan resistensi insulin dan meningkatkan risiko diabetes.  Untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit, konsumsi air atau es teh tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis.

2. Makanan yang mengandung lemak trans

Makanan yang mengandung lemak trans juga menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes. Lemak trans buatan sangat tidak sehat lantaran dibuat dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil. Lemak trans ditemukan dalam margarin, selai kacang, selai, krim, dan makan makanan beku. Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke kerupuk, muffin, dan makanan panggang lainnya untuk membantu memperpanjang umur simpan produk. Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, senyawa ini telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin, lemak perut, serta menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan gangguan fungsi arteri.

3. Roti putih, nasi, dan pasta

Roti putih, nasi, dan pasta adalah makanan olahan berkarbohidrat tinggi. Sehingga, roti putih, nasi, dan pasta juga menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes.  Makan roti, bagel, dan makanan tepung olahan lainnya telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. 


4. Makanan ringan dalam kemasan

Pretzel, biskuit, dan makanan kemasan lainnya bukanlah pilihan camilan yang baik bagi penderita diabetes. Mereka biasanya dibuat dengan tepung olahan dan memberikan sedikit nutrisi.  Makanan ini juga memiliki banyak karbohidrat yang cepat dicerna sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Sehingga, menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes.

5. Minuman kopi manis atau instan

Kopi telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko diabetes. Namun, minuman kopi manis atau instan sarat dengan karbohidrat. Sehingga, kopi manis atau instan juga menjadi salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes.  Untuk menjaga gula darah Anda terkendali dan mencegah penambahan berat badan, pilih kopi biasa atau espresso dengan satu sendok makan krim kental atau setengah-setengah. (sin*)
 

Tombol Google News

Tags:

diabetes pantangan makanan