Hati-Hati! Beberapa Sayuran Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

17 September 2024 10:05 17 Sep 2024 10:05

Thumbnail Hati-Hati! Beberapa Sayuran Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes Watermark Ketik
Walaupun sehat, tidak semua sayuran baik untuk penderita diabetes. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sayuran merupakan bahan makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayuran memiliki beragam nutrisi dan mineral penting untuk menjaga kesehatan, khususnya penderita diabetes.

Akan tetapi terdapat beberapa jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini karena beberapa sayuran mengandung karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula darah.

Kadar gula yang tinggi tentunya sangat berbahaya bagi para penderita diabetes. Dilansir dari berbagai sumber berikut ini beberapa sayuran yang harus dihindari.

• Kentang: Kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, artinya dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Namun, kentang yang dimasak dengan kulit dan dipadukan dengan protein dapat membantu memperlambat penyerapan gula.

• Jagung: Jagung mengandung karbohidrat cukup tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

• Labu: Beberapa jenis labu, seperti labu butternut, memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

• Bit: Bit mengandung gula alami yang cukup tinggi dan dapat memengaruhi kadar gula darah.

• Wortel: Meskipun kaya akan vitamin, wortel juga mengandung gula. Konsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan gula darah.

Akan tetapi walaupun dilarang mengkonsumsi beberapa sayuran diatas, penderita diabetes tetap dapat mengkonsumsi berbagai jenis sayuran lain. Hal yang pwrlu diperhatikan adalah bagaimana cara pengolahan dan kadar konsumsi yang diperbolehkan.

Dengan demikian, penderita diabetes dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menikmati manfaat kesehatan dari sayuran.(*)

Tombol Google News

Tags:

sayuran diabetes karbohidrat kadar gula darah Jagung buah bit wortel labu