5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Menguatkan Mental Kita

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

18 Mei 2023 18:00 18 Mei 2023 18:00

Thumbnail 5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Menguatkan Mental Kita Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di keadaan yang serba tidak tentu saat ini mengasah mental agar makin kuat merupakan sebuah keharusan. Mental yang kuat akan membantu kita menghadapi keadaan atau situasi yang sulit di kehidupan.

Memang bukan perkara mudah melatih mental kita agar kuat. Akan tetapi dengan menerapkan beberapa sikap sederhana, akan melatih mental kita tumbuh dan semakin kuat.

Berikut ini beberapa sikap yang dapat kamu terapkan di keseharianmu agar mentalmu bisa ditempa menjadi kuat. Sikap ini dapat mempersiapkanmu menghadapi masa sulit di waktu yang akan datang.

1. Senantiasa Bersyukur

Hal sederhana yang bisa mulai kamu terapkan adalah selalu bersyukur dalam hidup. Tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang pun bisa berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. dengan sikap ini mentalmu akan terasah semakin kuat.

2. Fokus dengan Hal-Hal dalam Kendali kita

Melansir laman Inc.com, orang yang kuat secara mental akan senantiasa produktif dan efektif dengan fokus pada melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri. Lupakan hal-hal di luar kendalimu, fokuslah dengan apa yang bisa kamu lakukan dengan memberikan yang terbaik. Dengan begini, hati pun bisa lebih tenang dalam menjalani keseharian dan rutinitas.

3. Mengakrabkan Diri Dengan Ketidakpastian

Saat ini kita hidup di dunia yang penuh teka teki dan ketidak pastian. Kita hanya sebatas merencanakan namun realitanya belum tentu sesuai harapan. Kehidupan tidak pernah bisa kita prediksi. Oleh sebab itu berdamailah dengannya dan menerima berbagai ketidakpastian akan membuat kita lebih tenang.

4. Belajar dari Pengalaman

Seperti kata pepatah pengalaman adalah guru yang terbaik. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu belajar dari pengalaman. Meski itu baik maupun buruk pengalaman akan memberikan kita pembelajaran yang penting dalam menjalani kehidupan. Selama kamu mau belajar dari tiap pengalaman dan memetik hikmah atau pelajaran yang ada, maka kamu akan terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dari waktu ke waktu.

5. Komitmen atas Semua Pilihan yang Diambil.

Dalam setiap keputusan yang kita ambil akan selalu ada konsekuensi yang mengikuti. Hal ini akan melatih mental kita untuk menghadapi setiap resiko dari setiap pilihan yang kita ambil. Kuatnya kesadaran diri ini juga bisa memudahkanmu untuk mengelola emosimu lebih stabil dalam bertahan di masa-masa sulit.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mental sikap sederhana kehidupan bersyukur Fokus Pengalaman