Aksi Solidaritas untuk Palestina, Ratusan Massa Gelar Unjuk Rasa di Grahadi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

27 Oktober 2023 14:04 27 Okt 2023 14:04

Thumbnail Aksi Solidaritas untuk Palestina, Ratusan Massa Gelar Unjuk Rasa di Grahadi Watermark Ketik
Massa saat menggelar orasi di jalan Gubernur Suryo, Surabaya (27/10/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Aksi solidaritas untuk Palestina kembali bergema di tanah air, kali ini di Gedung Negara Grahadi Surabaya ratusan massa dari Aliansi Umat Islam Bela Palestina menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk solidaritas terhadap perang yang terjadi antara Israel dan Palestina, Jumat (27/10/2023).

Mereka berorasi sembari melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan penderitaan warga Palestina atas pendudukan Israel di tanah kelahiran mereka. Mereka juga mengecam negara pendukung Israel seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Ismail selaku koordinator aksi mengatakan melalui aksi ini pihaknya ingin mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melupakan sejarah, dimana Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu sudah sepantasnya saat ini bangsa Indonesia bersatu untuk membantu Palestina menghadapi kekejaman Israel.

"Melalui asipirasi ini kami ingin menyampaikan kepada pemangku kebijakan di negeri ini untuk membantu perjuangan rakyat Palestina yang saat ini sedang berjuang," jelas Ismail saat ditemui di jalan Gubernur Suryo, Jumat (27/10/2023).

Foto Koordinator Aksi Ismail saat memberikan keterangan pers. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Koordinator Aksi Ismail saat memberikan keterangan pers. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Ismail menambahkan sudah seharusnya pemerintah Indonesia menyuarakan untuk menghapuskan penjajahan Israel di bumi Palestina. Karena sesuai dengan konstitusi jika penjajahan tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Hingga saat ini lebih dari 6.500 warga Gaza tewas sejak serbuan Israel pada 8 Oktober lalu. Banyak korban sipil terus berjatuhan akibat serangan balasan Israel kepada Hamas di Gaza.

"Dalam menghadapi peristiwa ini semua umat islam di berbagai negara memang harus bersatu untuk melawan kekejaman Israel dan sekutunya. Hal ini penting untuk menjaga perdamaian dunia," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unjuk Rasa Aliansi Umat Islam Bela Palestina Perang israel Hamas Penjajahan