Amelia Salsaba Anatasya, Putri Nusantara Jawa Timur 2024, Ajak Remaja Produktif dengan Gadget

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 Januari 2024 04:26 30 Jan 2024 04:26

Thumbnail Amelia Salsaba Anatasya, Putri Nusantara Jawa Timur 2024, Ajak Remaja Produktif dengan Gadget Watermark Ketik
Penobatan Amelia Salsaba Anatasya sebagai Putri Nusantara Jawa Timur 2024. (Dok.UMM)

KETIK, MALANG – Amelia Salsaba Anatasya adalah peraih predikat Putri Nusantara Jawa Timur 2024. Dalam ajang tersebut, mahasiswa prodi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini membawakan Inovasi media pembelajaran online melalui website.

Program itu menampilkan indahnya wisata alam pelosok untuk masyarakat, khususnya anak remaja dan Program itu ia beri nama Jelajah Nusantara.

Wanita yang akrab disapa Bella tersebut mengatakan, saat ini banyak remaja yang menggunakan gadget dengan waktu yang lama namun kebanyakan dilakukan untuk hal yang kurang produktif, seperti bermain game atau berselancar media sosial saja.

Hal ini menggerakkan hatinya untuk mengubah kebiasaan mereka dengan penggunaan gadget yang lebih bermanfaat.

Dirinya menyajikan sebuah artikel yang dikombinasikan dengan gambar serta bahasa yang menarik. Hal ini bisa menjadi solusi agar para remaja dapat menggunakan gadget untuk hal yang bermanfaat.

Selain itu dengan begitu literasi anak remaja bisa meningkat. Tidak hanya itu, Bella juga menyajikan cuplikan hasil keindahan alam ke dalam artikel, Tiktok, dan Instagram.

“Anak remaja menjadi target utama karena gawai yang hampir tidak pernah lepas dari genggamannya. Mereka juga penerus bangsa yang bertanggung jawab menjaga bumi,” ujarnya.

Mahasiswi yang akan melanjutkan tugasnya di Duta Pemuda Pendidikan Indonesia itu menilai penggunaan gawai pada usia remaja cukup lama dalam sehari karena untuk bermain games dan media sosial.

Lebih lanjut, Bella telah menyajikan enam tempat wisata alam yang indah ke dalam artikel dan media sosialnya. Di antaranya, Coban Nirwana berlokasi di Malang, Kedung Cinet di Jombang, Ranu Manduro di Mojokerto, Candi Rimbi di Jombang, Kebun Raya Purwodadi di Pasuruan, dan Pemandian Air Panas Padusan di Pacet.

"Pengetahuan mengenai kekayaan alam yang kita miliki penting untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada remaja,” tambahnya.

Menurutnya, juri tertarik dengan inovasi yang ia bawakan karena mampu memperkenalkan wisata pelosok bagi masyarakat. Sekaligus menjadi media pembelajaran bagi generasi muda sehingga menumbuhkan rasa cinta tanah air. 

Selain itu pada salah satu penilaian juga adalah terkait menjawab pertanyaan yang diberikan juri. Dimana dirinya dapat memberikan jawaban dengan lugas karena sudah mempelajari materi tersebut saat di bangku kuliah

"Kunci utama saat penjurian adalah kepercayaan diri dan penyampaian program kerja dengan menarik dan jelas. Skill itu aku dapatkan melalui organisasi yang aku ikuti di UMM,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Putri Nusantara Jawa Timur Amelia Salsaba Anatasya Literasi Remaja UMM Gadget