Anggota DPRD Bondowoso Dilantik, Jumlah Legislator Perempuan Meningkat

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

23 Agustus 2024 11:32 23 Agt 2024 11:32

Thumbnail Anggota DPRD Bondowoso Dilantik, Jumlah Legislator Perempuan Meningkat Watermark Ketik
Ahmad Dhafir mewakili anggota dewan lainnya untuk prosesi pemasangan pin anggota legislatif secara simbolis (Foto: Humas Kominfo Bondowoso for Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Sebanyak 45 anggota DPRD Bondowoso terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik. Pelantikannya berlangsung khidmat di Gedung DPRD setempat pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Para anggota DPRD Bondowoso yang dilantik itu turut didampingi oleh anggota keluarga dan sahabat dekat. Tak sedikit yang juga hadir bersama para pendukungnya. 

Pelantikan itu turut dihadiri oleh Pj Bupati Bondowoso, Muhamad Hadi Wawan Guntoro, kepala OPD, camat, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri, serta instansi terkait. 

Ketua DPRD Sementara, Tohari, mengatakan, setelah pelantikan ini pihaknya akan bersurat ke partai-partai untuk meminta calon pimpinan fraksi untuk selanjutnya akan diumumkan ke paripurna. 

Setelah itu, akan berbicara dengan fraksi terkait pimpinan DPRD definitif, dan membahas tata tertib. “Secepatnya akan dilakukan paripurna,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pemilihan pimpinan DPRD merupakan usulan dari DPC, yang akan dilanjutkan melalui fraksi masing-masing. Karena itulah pihaknya tak ikut campur tangan atas pilihan partai. 

Namun memang untuk pimpinan DPRD terdiri dari satu ketua, dan tiga wakil ketua yang merupakan jatah dari PKB, Golkar, PPP, dan PDIP. “Tergantung masing-masing partai,” jelasnya. 

Menurut Sekretaris DPRD Bondowoso, Solikhin, dari total 45 orang anggota legislatif. 11 orang di antaranya merupakan anggota dewan baru. 

“Dua orang wajah lama tapi kembali terpilih, sisanya incumbent,” tuturnya. 

Sementara untuk anggota DPRD perempuan saat ini bertambah menjadi delapan orang. Jumlah tersebut bertambah dibanding periode sebelumnya yang hanya ada lima orang. 

Pengganti anggota DPRDterpilih, Buchori Mun’im yang meninggal dunia juga ikut dilantik. Sosok tersebut adalah Ahmadi dari PPP yang meraih suara terbanyak kedua di Dapil V.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso DPRD Bondowoso Berita bondowoso pelantikan