Anggota DPRD Lumajang Bisa Jadi Penentu APBD yang Pro Rakyat

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

30 September 2023 16:00 30 Sep 2023 16:00

Thumbnail Anggota DPRD Lumajang Bisa Jadi Penentu APBD yang Pro Rakyat Watermark Ketik
Agus Setiawan, Ketua Kadin dan pengusaha muda Lumajang (Foto : Abdul Fatah / Ketik)

KETIK, LUMAJANG – Tak hanya eksekutif yang harus cermat menyusun APBD 2024, 50 anggota DPRD Lumajang bisa menjadi salah satu penentu untuk menjadikan APBD Lumajang yang benar-benar pro kepentingan rakyat Lumajang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Lumajang Agus Setiawan kepada media online nasional Ketik.co.id, Sabtu (30/9/2023).

Pembahasan APBD yang sebentar lagi berlangsung diharapkan benar-benar memperoleh perhatian dari DPRD Lumajang, karena setiap anggota DPRD dalam resesnya selalu berhadapan dengan warga dengan segala keluh kesahnya.

“Antara harapan masyarakat yang disampaikan melalui anggota dewan di Lumajang, kemudian disandingkan kebijakan yang pro rakyat, sehingga pada akhirnya kebijakan anggaran kita benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat Lumajang,” ujar Agus Setiawan.

Menurut Agus, pola menyandingkan aspirasi masyarakat dengan kebijakan Pemkab Lumajang melalui pembahasan anggaran dalam APBD, perlu dijadikan pola yang secara terus menerus menjadi dasar kebijakan anggaran di Kabupaten Lumajang.

“Kebutuhan Kabupaten Lumajang tentu sudah ada datanya di Bappeda, sementara yang dikehendaki masyarakat hampir pasti juga ada dalam catatan 50 anggota DPRD kita. Ini yang perlu diselaraskan sebenarnya,” kata Agus Setiawan menambahkan.

Sementara partai politik, kata Agus, sebenarnya memiliki ruang dan kesempatan yang luas untuk menyampaikan aspirasi masyarakat melalui data yang disampaikan masyarakat. Bahkan, bila perlu partai politik melakukan diskusi khusus tentang anggaran, sehingga parpol yang ada bisa memberikan masukan yang strategis bagi kebijakan anggaran di Lumajang.

“Partai politik harus berdaya, kalau perlu difasilitasi anggarannya, agar dalam waktu-waktu yang krusial seperti pembahasan APBD misalnya, partai politik bisa memainkan peran yang strategis dalam memberikan arah pembangunan, dan bukan hanya sebatas menjadi bagian dari Badan Anggaran saja,” terangnya lagi.

Pada intinya, kata Agus Setiawan, APBD 2024 harus benar-benar pro rakyat, menjawab  tantangan yang aktual dengan anggaran yang memadai, serta fokus dalam menyelesaikan masalah yang ada.

“Semoga DPRD dan Bu Pj Bupati ini benar-benar cermat menyikapi masalah ini demi masa depan Lumajang yang lebih baik,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Agus Setiawan APBD 2024 Ketua Kadin Lumajang berita lumajang hari ini