Arab Saudi Bakal Bangun Kapal Pesiar Super Mewah Berbentuk Penyu 

Editor: Shinta Miranda

30 November 2022 03:48 30 Nov 2022 03:48

Thumbnail Arab Saudi Bakal Bangun Kapal Pesiar Super Mewah Berbentuk Penyu  Watermark Ketik
Kapal Pesiar terbesar Pangeos yang akan dibangun Arab Saudi. (Foto: Design Lazzarini) 

KETIK, JAKARTA – Negara Arab Saudi tengah berencana untuk membangun kapal pesiar yang super mewah dan megah. 

Dilansir dari Construction Week untuk biaya pembangunannya mencapai USD8 miliar atau setara Rp125 triliun. 

Adapun kapal pesiar yang disebut pangeos yang berbentuk kura-kura raksasa ini akan menampung 60.000 orang. 

Diketahui, kalau rencana ini juga ternyata telah mendobrak norma, batasan, dan anggaran sekaligus adalah konsep Pangeos yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menghancurkan langit-langit kaca dan menetapkan standar kemewahan dan inovasi yang tinggi. 

Kemudian untuk perkiraan pembangunan kapal ini memakan waktu sekitar 8 tahun. 

Kapal ini juga akan berbentuk seperti kura-kura, Terayatch, kapal pesiar ini dikonseptualisasikan oleh Lazzarini Design Studio, sebuah perusahaan Italia yang berspesialisasi dalam visualisasi artistik dan pembuatan prototipe. 

Terayacht Pangeos membentang sepanjang 1.800 kaki dan memamerkan balok setinggi 2.000 kaki yang menghasilkan interior yang sangat lapang. Entri terletak di belakang melalui serambi besar yang memungkinkan kapal memasuki kota terapung.

Para desainer telah menempatkan Arab Saudi sebagai lokasi di mana kapal tersebut akan berada. Sekitar satu kilometer persegi laut perlu dikeruk dan bendungan melingkar dibangun sebelum pembangunan dapat dimulai. 

Para desainer telah mengalokasikan ruang di Pelabuhan King Abdullah, 81 mil sebelah utara Jeddah sebagai lokasi yang ideal. Pangeos juga akan identik dengan kemewahan fasilitasnya.  

Dibagi menjadi blok-blok seperti kota yang sebenarnya, Pangeos memiliki pelabuhan dan alun-alun utama, di mana bangunan lainnya berbentuk spiral. Area "cangkang atas" yang dikelilingi oleh ruang taman akan berfungsi sebagai tempat pendaratan pesawat. 

Di bawah area kehidupan akan ada 30.000 "sel" yang akan menjaga struktur tetap bertahan. Ruang bawah tanah akan terbuat dari baja dan memiliki draft 30 meter, atau 98 kaki, membuat kapal dapat berlayar dengan kecepatan lima knot. 

Atapnya akan memiliki panel surya untuk menyalakan kapal pesiar. Alih-alih beroperasi di pelabuhan tertentu atau memiliki rencana perjalanan yang ditetapkan, kapal berbentuk kura-kura raksasa tersebut hanya akan berlayar berkeliling. 

Sebab, sesungguhnya perjalanan di atas kapal tersebut dijadikan sebuah tujuan dari Pangeos. Lazzarini sendiri berharap konstruksi bisa dimulai pada 2033, dengan waktu pembangunan delapan tahun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Arab Saudi Kapal pesiar Pangeos