Atasi Hama Tikus, Kadin Lumajang Dirikan Rubuha dan Bantu 5 Kuintal Belerang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

20 Agustus 2024 12:17 20 Agt 2024 12:17

Thumbnail Atasi Hama Tikus, Kadin Lumajang Dirikan Rubuha dan Bantu 5 Kuintal Belerang Watermark Ketik
Ketua Kadin Lumajang bantu petani atasi hama tikus (Foto: Abdul Fatah / Ketik)

KETIK, LUMAJANG – Hama tikus yang masih menyerang lahan pertanian di Kabupaten Lumajang mendapat perhatian dari Kadin Lumajang.

Ketua Kadin Lumajang mendirikan rumah burung hantu (rubuha) di Desa Karanganom Kecamatan Pasrujambe, Selasa (20/08/2024).

Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan mengatakan, satu unit rubuha ini bisa membantu mengurangi hama tikus untuk lima hektare lahan pertanian. Semakin banyak rubuha, akan semakin banyak lahan pertanian yang bisa diselamatkan.

“Rubuha ini sebenarnya efektif untuk menekan hama tikus, harapan kami nantinya rubuha ini terus diperbanyak, sehingga semakin banyak tanaman petani yang bisa diselamatkan," kata Agus kepada Ketik.co.id.

"Jika tidak ada langkah yang sungguh, saya khawatir akan semakin banyak petani yanng gagal panen karena hama tikus ini,” sambungnya.

Selain membantu pendirian rubuha, Kadin Lumajang juga menyumbang 5 kuintal belerang yang bisa digunakan oleh petani untuk melalukan pengasapan.

“Fumigasi atau pengasapan langsung di sarang tikus efektif juga untuk membasmi hama pengerat itu. Jika dilakukan dengan benar, fumigasi ini manfaatnya sangat besar untuk membasmi hama tikus," lanjut Agus.

"Artinya langkah-langkah membasmi hama tikus ini meman tidak bisa sporadis, tapi harus merata pada semua lahan yang diserang hama tikus, agar populasi tikus ini benar-benar dimusnahkan,” tegasnya.

Dalam usaha membasmi hama tikus ini, Kadin Lumajang bekerja sama dengan kelompok tani sehingga pendirian rubuha atau proses pengasapannya bisa dilakukan secara bersama-sama.

“Yang saya lakukan ini sebenarnya sangat kecil, makanya ke depan, Pemkab Lumajang harus menyiapkan anggaran yang cukup baik untuk pengasapan, pendirian rubuha atau cara lain agar hama tikus ini tidak meluas," jelasnya.

"Kasihan petani, sebagian besar petani kita tidak memiliki kemampuan untuk membasmi hama tikus, jika lahan yang diserang sangat luas. Makanya Pemkab harus turun tangan dengan cepat,” Agus menambahkan.

Ketua Kadin Lumajang juga mengapresiasi langkah Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang yang telah turun ke lapangan untuk ikut mengurangi meluasnya hama tikus.

"Saya apresiasi Dinas Pertanian Lumajang yang telah turun melakukan pemetaan dan berusaha mencegah meluasnya hama tikus di Lumajang," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan Bantu atasi hama tikus berita lumajang hari ini