Bacalon Petahana Bassam Kasuba Berpeluang Melawan Kotak Kosong di Pilkada Halsel 2024

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

21 Juli 2024 12:57 21 Jul 2024 12:57

Thumbnail Bacalon Petahana Bassam Kasuba Berpeluang Melawan Kotak Kosong di Pilkada Halsel 2024 Watermark Ketik
Asbur Abu Ketua Relawan Basmi (Bassam-Helmi) (Foto: Asbur for Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bakal calon (Bacalon) Bupati petahana Hasan Ali Bassam Kasuba dan pasangannya Helmi Umar Muchsin digadang-gadang bakal melawan kotak kosong di Pilkada Halmahera Selatan 2024 November mendatang.

Spekulasi ini menguat dengan adanya komposisi dan koalisi tim pemenganan Bassam-Humanis yang terus mendapatkan dukungan dari berbagai elemen dan partai politik (parpol).

Hal ini disampaikan Ketua Relawan Bassam-Helmi (Basmi), Asbur Abu di Sekretariat Relawan Muda Makayoa Desa Kampung Makian Bacan Selatan pada Minggu (21/7/2024) 

Asbur mengatakan, Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin berpeluang besar melawan kotak kosong di Pilkada 2024 karena belum ada satupun bacalon bupati yang resmi mendapatkan rekomendasi dari parpol.

Selain itu, menurut Asbur, calon peserta Pilkada Halsel sampai saat ini belum menetapkan pasangan wakil, kecuali Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin yang telah resmi berpasangan.

"Ada kemungkinan Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin melawan kotak kosong. Hal itu sangat berpeluang besar. Apalagi dari seluruh bacalon belum ada yang menetapkan wakil masing-masing diluar Bassam dan Helmi," kata Asbur.

Bahkan menurut Asbur, peluang melawan kotak kosong dapat dikaitkan dengan adanya koalisi pemenangan yang terbangun di beberapa pekan terakhir.

Pria yang akrab disapa Asbur Waidoba ini juga mengatakan, parpol yang telah membangun koalisi di antaranya PKS, Hanura, dan Nasdem dan berpeluang disusul partai lainnya untuk bergabung.

"Koalisi Bassam-Humanis sudah ada PKS, Hanura dan Nasdem. Ini karena paket Bassam-Humanis sudah lengkap, saya kira PSI, PDIP, Gerindra dan PKB juga akan ikut bergabung. Ini politik bos, Itu bisa saja terjadi," ucap Asbur tersenyum.

Di sisi lain Asbur menilai, pasangan Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muchsin merupakan pasangan yang elegan dan sarat akan kecerdikan dalam berfikir.

"Bagi saya, Bassam Helmi pasangan paling mantap. Ini kombinasi yang sangat strategis bagi pasangan calon di kontestasi Pilkada kali ini," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Halsel Bacalon Bassam Kasuba Helmi Umar Mucksin Kotak Kosong Asbur Abu Ketua Relawan Bassmi