Bank Muamalat Dukung Literasi dan Layanan Perbankan Universitas Negeri Malang

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

2 November 2023 13:45 2 Nov 2023 13:45

Thumbnail Bank Muamalat Dukung Literasi dan Layanan Perbankan Universitas Negeri Malang Watermark Ketik
Penandatanganan MoU antara Bank Muamalat dengan Universitas Negeri Malang (UM) untuk peningkatan literasi dan layanan perbankan. (Foto: Bank Muamalat for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Bank Muamalat mendukung literasi dan layanan perbankan Universitas Negeri Malang (UM). Keduanya telah sepakat dengan menandatangani MoU tentang literasi, pengabdian masyarakat, penelitian, dan pemanfaatan produk perbankan.

MoU dilakukan di Gedung Rektorat UM Kamis, (2/11/2023) yang ditandatangani langsung oleh CEO Bank Muamalat Indra Falatehan dan Rektor UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Head of Digital Banking Indonesia Dadang Rohandi, Regional CEO Bank Muamalat Jatim Bali Nusra Aufrieda Artsiana Dewi, dan Branch Manager Bank Muamaat Cabang Malang Wisnu Satria Bharata.

Sedangkan pejabat dari UM dihadiri Wakil Rektor II Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA, dan Sekretaris Universitas Negeri Malang Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D.

Rektor UM antusias menyambut Bank Muamalat, karena fokus Bank Muamalat tidak hanya support produk dan layanan keuangan perbankan saja, namun juga mendukung literasi Syariah.

"Salah satu harapan Bapak Rektor UM adalah meningkatkan jumlah praktisi mengajar terutama aspek kewirausahaan agar mahasiswa UM mempunyai kecerdasan finansial," kata Indra dalam keterangan tertulis.

Bank Muamalat terus mendukung segmen pendidikan kampus. Didukung dengan adanya Muamalat Institute dan kempauan digital banking yang baik sehingga dapat mempercepat literasi Ekonomi Syariah dan pastinya Perbankan syariah sebagai bagian dari Calon Penerus Bangsa.

Adapun program unggulan Bank Muamalat terkait pemagangan adalah Muamalat Internship Program (MIP) dan Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO).

Program ini merupakan kolaborasi antara Bank Muamalat, Muamalat Institute dan juga Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat.

Program magang di Bank Muamalat ataupun Muamalat Institute ditujukan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang disesuaikan dengan kuota kebutuhan perusahaan pada masing-masing departemen.

Setiap peserta magang akan mendapatkan benefit seperti lingkungan kerja yang Islami, pengalaman dan relasi kerja, sertifikat pemagangan, serta pengganti biaya transportasi.

Muamalat Institute sebagai salah satu subsidiaries Bank Muamalat juga memberikan dukungan kepada siswa yang memiliki minat atau passion dalam berwirausaha melalui program Muamalat Institute Movement Enterpreneur Incubator untuk dapat mengikuti kompetisi inovasi bisnis dan berkesempatan untuk memperoleh pendanaan dari Muamalat Institute dalam pengembangan bisnisnya.

Branch Manager Bank Muamaat Cabang Malang Wisnu Satria Bharata berharap adanya kerja sama ini dapat meningkatkan literasi dan layanan perbankan di Universitas Negeri Malang.

"Kita tahu bahwa Universitas Negeri Malang adalah salah satu kampus negeri ternama yang melahirkan lulusan-lulusan di berbagai bidang. Kita harapkan dengan MoU ini dapat memberikan manfaat atas literasi dan layanan perbankan di kampus pendidikan ini," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bank Muamalat Universitas Negeri Malang UM Bank Muamalat Malang literasi Perbankan