Bencana Kabut Asap Serang Warga Sumsel

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2023 13:20 13 Sep 2023 13:20

Thumbnail Bencana Kabut Asap Serang Warga Sumsel Watermark Ketik
Manggala Agni memadamkan api karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Ilir
KETIK, PALEMBANG – v>Pemukiman masyarakat, jalan tol sampai perkotaan di Sumatera Selatan, kini menjadi areal kabut asap. Hal ini di sebabkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.
Satgas Karhutla dari Manggala Agni,TNI, Polri dan serta intansi lainnya saat ini tengah berjibaku memadamkan areal yang terbakar. 
Kondisi kebakaran hutan dan lahan yang lain masih berlangsung. 
" Sampai sekarang, pihak kita Manggala Agni dan tim satgas terus memadamkan karhutla yang dekat Jalan Tol maupun dekat pemukiman warga " Kata Ferdinan Kristianto, Kepala Kantor BPPI KHL wilayah Sumatera XIV, Rabu (13/9/2023).
Dari pantauan dan informasi yang dihimpun, Karhutla juga sedang terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir. Hal ini menyebabkan, kabut asap berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.
Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) menjadi ancaman besar bagi warga akibat kabut asap yang berlangsung saat malam hingga pagi hari.
"Asap tebal pagi hari, saya aktivitas seperti biasa dan sekarang batuk dan tenggorokan terasa tidak enak, termasuk flu dan bernafas juga tidak enak,"ucap Dedek (37) salah satu warga Kecamatan Sukarame,Kota Palembang yang terkena dampak Kabut Asap.
Kondisi asap pekat memperburuk keadaan masyarakat yang beraktivitas. Maskerpun banyak di pakai masyarakat yang beraktifitas untuk terhindar dari bahaya kabut Asap.
"Pengecekan kualitas udara menunjukkan bahwa kondisi pagi hari statusnya sangat buruk, jadi kita harapkan juga warga dapat menggunakan Masker,"imbau Siswanto, Kepala BMKG Kota Palembang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Karhutla bencana kabut asap Manggala Agni