BUMDes di Kabupaten Malang Ekspor Anggrek ke Taiwan, Menteri Desa Beri Apresiasi

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

21 Februari 2024 00:30 21 Feb 2024 00:30

Thumbnail BUMDes di Kabupaten Malang Ekspor Anggrek ke Taiwan, Menteri Desa Beri Apresiasi Watermark Ketik
Menteri Desa Abdul Halim Iskandar ketika memberangkatkan ekspor Anggrek Kabupaten Malang ke Taiwan (19/2/2024). (Foto: Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Sejumlah BUMDes di Kabupaten Malang terus berinovasi dalam mengembangkan unit usaha yang dimiliki. Salah satunya BUMDes Bersama Singosari, yang baru saja memberangkatkan budidaya bunga anggrek ke Pasar Taiwan.

Sebanyak 14 rumpun atau pot jenis Anggrek Dendrobium Seedling diberangkatkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar bersama Bupati Malang Sanusi, Senin, (19/2/2024) malam.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memberikan apresiasi terhadap BUMDes Bersama Singosari yang telah berhasil mengembangkan budidaya Anggrek hingga bisa tembus pasar internasional.

''Alhamdulillah malam hari ini saya memberangkatkan ekspor perdana bunga Anggrek dari Kabupaten Malang ke Taiwan. Sebuah prestasi yang diraih BUMDesma sebagai pengelola atas dukungan seluruh pihak," ujarnya dikutip melalui situs Pemkab Malang, Selasa, (20/2/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, melalui ekspor ini, akan membuka ruang ekspor yang luar biasa, bagi seluruh pegiat anggrek di Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bupati Malang Sanusi ketika meninjau ekspor Anggrek Kabupaten Malang ke Taiwan. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang).

"Sebuah pembelajaran yang sangat bagus dan tidak berharap Ke depan, BUMDes lainnya juga berorientasi ke ekspor supaya eksistensi ekonomi di desa bukan sekedar dikuatkan oleh kemampuan lokal saja melainkan juga oleh global," kata Gus Halim sapaan akrabnya.

Ia berharap, melalui keberhasilan BUMDes Bersama Singosari mengekspor anggrek ini dapat terus dikembangkan maupun ditiru oleh BUMDes lainnya dengan komoditas yang berbeda.

"Semua menjadi satu kesatuan tujuan peningkatan ekonomi sesuai harapan bapak Presiden Joko Widodo terkait penyaluran Dana Desa sejak periode pertama Beliau menjabat hingga hari ini benar-benar dapat meningkatkan dan menguatkan perekonomian di desa," bebernya gamblang.

Bupati Malang Sanusi menyebutkan, ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Malang sebagai ekportir bunga Anggrek pertama di Indonesia. Terlebih hal itu yang melakukan adalah BUMDes yakni unit usaha di desa.

"Kabupaten Malang mengukir secara baru, buah tangan dingin dukungan Gus Halim. Tanaman bunga Anggrek budidaya BUM Desa Bersama Singosari, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang untuk pertama kalinya bisa ekspor," ucap Sanusi.

Ia berharap, hal tersebut dapat terus berlanjut dan dikembangkan lebih besar lagi. Mengingat Kabupaten Malang merupakan wilayah yang cocok untuk mengembangkan budidaya anggrek. (*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri Desa PDTT BUMdes Kabupaten Malang Anggrek ekspor Taiwan