Bupati Situbondo Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan di Pasar Tradisional

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: M. Rifat

8 Maret 2024 04:37 8 Mar 2024 04:37

Thumbnail Bupati Situbondo Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan di Pasar Tradisional Watermark Ketik
Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan dialog dengan pedagang saat sidak di Pasar Ardirejo, Kecamatan Panji (8/3/2024). (Foto: Abdul Hakim/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Bupati Situbondo Karna Suswandi, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional Panji dan Ardirejo, Kecamatan Panji Situbondo, Jumat (8/3/2024). Kegiatan ini guna memastikan harga dan ketersediaan sembako selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 H.

Selain Bupati Karna, dalam sidak tersebut juga hadir Kapolres Situbondo, Dandim Situbondo, Ketua Pengadilan Situbondo, Kajari Situbondo dan Forkopimda Situbondo, Kepala Diskoperidag, Kepala Pertanian dan Ketahanan Pangan serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karna secara langsung berdialog dengan pedagang terkait stok dan harga beberapa barang kebutuhan kepada beberapa pedagang di Pasar Panji dan Ardirejo.

"Alhamdulillah, harga beras medium di Pasar Panji dan Ardirejo dijual dengan harga Rp14.500 per kilogramnya. Artinya, ada penurunan harga penjualan beras dari Rp15.200 menjadi Rp14.500,” kata Bupati Situbondo saat berada di Pasar Tradisional Ardirejo.

Dalam sidak harga pasar tersebut, Bupati bersama Forkopimda dan rombongan mengecek harga sembako. Diketahui, bahwa harga sebagian sembako turun.

"Harga sayur mayur turun, harga beras saya yakin akan terus ada penurunan mengingat di Kabupaten Situbondo akan ada panen raya ,” katanya.

Sebagian sembako tersebut selain mengalami penurunan harga, sejumlah bahan pokok lainnya seperti telor, ayam potong, daging sapi dan kambing mengalami kenaikan harga. "Untuk itu, kami akan terus memantau harga pasar selama bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tegas Bupati Karna.

Menurut Bupati, harga sembako di sejumlah pasar tradisional bisa stabil. “Saya memastikan stok ketersediaan pangan di pasar pasar tradisional di wilayah Kabupaten Situbondo aman hingga hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” imbuhnya.

Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo agar berbelanja sembako sewajarnya dan tidak berlebihan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Situbondo agar berbelanja kebutuhan pokok secukupnya saja, jangan memborong sembako dan menyetok sembako di rumahnya, karena stok pangan di Situbondo tersedia lebih dari cukup hingga Idul Fitri,” pungkasnya.

Sementara menurut keterangan pemilik kios, Angga di Pasar Ardirejo, memasuki bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, harga sembako naik turun.

"Harga sembako menjelang bulan puasa (Ramadan.red) hingga lebaran nanti, naik turun pak," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Karna sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadhan Pasar Tradisional Forkopimda situbondo