Camping Ground Eksotis di Malang, Berani Datang ke Nomor 3?

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

1 Juni 2023 21:07 1 Jun 2023 21:07

Thumbnail Camping Ground Eksotis di Malang, Berani Datang ke Nomor 3? Watermark Ketik
Hutan pinus di Precet bisa menjadi opsi untuk berkemah di akhir pekan. (Foto: Instagram @lembahmerkusiprecet)

KETIK, JAKARTA – Malang Raya memiliki cukup banyak objek wisata alam untuk mengisi liburan. Misalnya air terjun, pantai, rafting sampai memancing. Di antara objek wisata tersebut ada yang kerap luput, yakni camping atau berkemah.

Cukup banyak sensasi yang bisa didapat dari berkemah. Misalnya lebih dekat dengan alam sekaligus menjaga kelestariannya. Selain itu, untuk menyalurkan jiwa petualang saat naik dan turun gunung.

Berkemah di gunung bisa memicu adrenalin. Apalagi bila lokasi menuju puncak memberi tantngan berat. Nah, Malang Raya memiliki beberapa spot yang bisa digunakan untuk kemah, baik dengan pasangan resmi maupun keluarga:

Coban Rais

Lokasinya berada di Jalan Lingkar Barat Kota Batu yang mudah diakses menggunakan berbagai kendaraan. Anda bisa membawa mobil offroad hingga mendekati Coban (air terjun) Rais.

Untuk motor, bisa diparkir dekat tenda di camping ground yang cukup luas. Petugas akan memandu dan mengarahkan tenda yang akan didirikan. Anda bisa menyalakan api unggun, atau menanti sunset di pagi hari.

Pengelola Coban Rais sudah menyediakan toilet, musala dan tempat parkir untuk mobil. Lokasi Coban Rais tidak jauh dari Eco Green Park, Batu Love Garden, dan Jatim Park 3. Siapkan duit sekitar Rp 60 ribu include tiket masuk dan berkemah satu malam.

Precet Forest Park

Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang terus mempercantik sektor pariwisata. Terbaru adalah Precet Forest Park yang berada di Desa Sumbersuko. Tepatnya di kaki Gunung Kawi sisi Timur.

Sebagai tempat baru, lokasi kemah dikelilingi pohon pinus yang menjulang. Kabut tipis kerap turun saat siang beranjak ke sore. Lokasinya mudah di akses dengan berbagai jenis kendaraan, baik motor maupun mobil.

Pesona yang didapat adalah menyaksikan sunset karena lokasinya menghadap ke timur atau membelakangi Gunung Kawi. Pemandangan sore tidak kalah indah, saat lampu-lampu di Kota Malang mulai dinyalakan.

Tenang, fasiltias seperti kamar mandi, toilet, dan musala sudah disediakan. Di sekitar camping ground terdapat sejumlah warung yang biasa menyiapkan  sarapan.

Budug Asu

Namanya bisa mengernyitkan dahi. Tapi bisa diabaikan. Sebetulnya Budug Asu merupakan bukit yang berada di lereng Gunung Arjuno. Tepatnya di Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Foto Budug Asu menyuguhkan adrenalin untuk mencapai puncak. (Foto: Instagram @yoikimalang)Budug Asu menyuguhkan adrenalin untuk mencapai puncak. (Foto: Instagram @yoikimalang)

Adrenalin menuju lokasi ini bisa berpacu. Anda dituntut berjalan kaki sepanjang 2 km dengan kemiringan medan mencapai 60 derajat. Sementara semua kendaraan hanya bisa parkir hingga Pos 1 dekat kebun teh.

Rasa lelah akan terbayar saat berada di puncak bukit. Pemandangannya sangat indah dengan latar belakang kaki Gunung Arjuno. Anda bisa menggelar tenda untuk bermalam dan menikmati semesta alam. Sunset dan sunrise bisa didapat dari lokasi ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Malang Raya kemah camping ground coban rais budug asu Batu