Cangkruk Bareng di Surabaya, Mahfud MD Pastikan Pemilu Digelar Tepat Waktu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

28 Februari 2023 09:15 28 Feb 2023 09:15

Thumbnail Cangkruk Bareng di Surabaya, Mahfud MD Pastikan Pemilu Digelar Tepat Waktu Watermark Ketik
Menkopolhukam Mahfud MD menghadiri acara cangkruk di Surabaya. (Foto: Tangkapan layar youtube Kemenpolhukam)

KETIK, SURABAYA – Bertempat di Westin Hotel Surabaya, Selasa (28/2/2023) Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) menyelenggarakan cangkruk bareng bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan segenap pejabat Forkopimda Jawa Timur.

Event ini diselenggarakan dalam rangka persiapan menuju tahun pemilu 2024 mendatang. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 tersebut menjelaskan mengenai penyelenggaraan pemilu 2024 akan diselenggarakan tepat waktu 5 tahun sekali sesuai dengan amanat konstitusi.

”Saya termasuk orang di dalam sistem untuk pembahasan pemilu. Saya bisa pastikan, tidak ada upaya pemerintah pusat untuk menunda,” ucap Mahfud.

Foto Gubernur Khofifah berdialog bersama sejumlah tokoh di acara Cangkruk. ( Foto : Tangkapan Layar YouTube Kementerian Politik Hukum dan Keamanan RI)Gubernur Khofifah berdialog bersama sejumlah tokoh di acara Cangkruk. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Kemenpolhukam)

Selain itu Mahfud juga menambahkan pada penyelenggaraan pesta demokrasi nanti perlunya resolusi mental bagi masyarakat agar pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Dalam menyongsong pemilu 2024 nanti, perlu adanya resolusi mental yang terdiri dari integritas, etos kerja dan semangat gotong royong. Karena mental kita rusak. Banyak sekali yang termakan hoaks, mari kita jaga agar tidak ada hoaks," tambah Mahfud.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan jika dalam rangka persiapan pemilu 2024 mendatang dirinya memastikan Coklit dapat selesai lebih cepat maksimal 14 Maret 2023. Dirinya sendiri menargetkan dapat selesai 4 Maret mendatang.

"Dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri kami menargetkan maksimal tanggal 14 maret sudah selesai. Namun sebisa mungkin kami berusaha tanggal 4 maret dapat selesai, agar ada sisa 10 hari untuk nyisir nyisir jika ada yang kurang," kata Khofifah.

Khofifah juga menambahkan menurut data KPU Jawa Timur pada pemilu 2024 nanti akan ada pengurangan sekitar 11 ribu Tempat Pemungutan Suara ( TPS ), dengan total nantinya TPS di Jawa Timur akan mencapai sekitar 119 ribu TPS dengan jumlah pemilih muda mencapai 59 persen. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dialog Cangkruk pemilu 2024 Revolusi mental Hoax Menkopolhukam