Cara Merawat Head Unit Kendaraan, Agar Berfungsi Normal

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

25 Maret 2024 19:40 25 Mar 2024 19:40

Thumbnail Cara Merawat Head Unit Kendaraan, Agar Berfungsi Normal Watermark Ketik
Ilustrasi head unit mobil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda pengendara kendaraan roda empat, pasti sudah tidak asing dengan head unit, head unit sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang berisi berbagai macam fitur hiburan dan informasi selama dalam perjalanan.

Biasanya, head unit mencakup fitur seperti pemutar musik, radio, navigasi GPS, koneksi Bluetooth, dan tampilan layar. Perangkat head unit pada mobil sudah ada sejak tahun 1980-an, akan tetapi penerapannya masih terbatas pemutar radio dan kaset pita saja. Sedangkan saat ini, penggunaan head unit lebih bervariasi didukung oleh fitur hiburan dan fitur interior mobil.

Perangkat ini termasuk perangkat elektronik yang membutuhkan perawatan agar tetap dapat beroperasi secara normal. Dilansir dari beragam sumber berikut ini adalah cara merawat head unit mobil anda.

1. Lakukan pembersihan berkala

Selalu sediakan waktu untuk membersihkan head unit dari debu dan kotoran yang menempel. Seperti yang kita tahu jika debu yang menumpuk dapat mengganggu kinerja peralatan elektronik bergitu juga dengan head unit.

Gunakan pembersih microfiber yang dirancang khusus untuk membersihkan peralatan elektronik. Hindari bahan abrasif yang dapat menyebabkan goresan. Matikan head unit dan lepaskan kabel daya sebelum membersihkan.

2. Tata kabel dengan rapi

Sebagai perangkat elektronik head unit memiliki banyak kabel yang tersambung ke berbagai sensor dan perangkat elektronik lainnya yang ada di dalam mobil. Oleh sebab itu pastikan kabel tertata dengan rapi dan cek sambungan antar kabel apakah terpasang dengan baik.

3. Perbarui perangkat lunak

Periksa secara teratur apakah ada pembaruan firmware atau perangkat lunak yang tersedia. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pembaruan dengan seksama. Hal ini penting agar head unit bisa tetap berfungsi dengan baik dan menjaganya dari peretasan.

4. Lindungi dari suhu ekstrem

Hindari memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung. Gunakan penutup jendela khusus, selain itu pastikan ventilasi kendaraan berfungsi dengan baik. Sebagai tambahan perlindungan anda juga bisa menggunakan kaca film yang lebih gelap untuk melindungi head unit dari sinar UV.(*)

Tags:

otomotif mobil Head Unit perangkat hiburan informasi Cara Perawatan