Catat, Ini Kalender Event di Jember pada Bulan Juli-September 2023

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

21 Juli 2023 10:05 21 Jul 2023 10:05

Thumbnail Catat, Ini Kalender Event di Jember pada Bulan Juli-September 2023 Watermark Ketik
Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) 2022, Parade Busana di Tengah Kebun Tembakau (Foto: Pemkab Jember)

KETIK, JEMBER – Berbagai event menarik digelar di Kabupaten Jember pada bulan Juli sampai September 2023, baik event nasional maupun internasional. Terdapat event budaya, musik, karnaval, hingga otomotif.

Dikutip dari akun instagram resmi @dinas_kominfo_kab_jember, terdapat empat event skala besar yang akan digelar di Jember.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bobby A Shandy menyebutkan, keempat event tersebut tentunya didukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Bahkan menghadirkan tamu domestik dan mancanegara.

Menurut Bobby, event pertama adalah Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI). Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 21-22 Juli 2023. “Ini akan dihadiri beberapa dubes (duta besar) luar negeri, sekaligus biasanya ada transaksi tembakau. Tembakau Jember sendiri terkenal cukup bagus,” katanya.


Selanjutnya, pada tanggal 4-6 Agustus 2023 akan digelar kegiatan festival tahunan, Jember Fashion Carnaval (JFC) yang sudah bertaraf internasional. “Ini kan berdekatan, dan harapannya menjadi satu rangkaian. Karena di acara JFC ada kegiatan macam-macam,” lanjut Bobby.

Lalu, pada tanggal 19-20 Agustus 2023, akan ada acara Jember Scooter Festival yang digelar oleh komunitas skuter atau vespa. Terakhir adalah Asian Music Games yang melibatkan beberapa negara Asia untuk bertanding di Jember pada tanggal 20-24 September 2023.

Bobby menyampaikan, semua event digelar tujuan awalnya adalah menggerakkan semua kegiatan ekonomi dengan melibatkan masyarakat dan UMKM. “Oleh karena itu selalu ada kegiatan di tempat terbuka, Alun-alun contohnya,” jelasnya.

Selain perputaran ekonomi, menjelang tahun politik 2024, event di Jember juga dijadikan media untuk menyampaikan pesan-pesan demokrasi. “JFC ini juga akan mengundang pejabat-pejabat pemerintah pusat, karena akan ada hal menarik di tema JFC, bisa ditanyakan saat preskon nanti ya. Akan ada tema JFC for Democracy,” papar pria berkacamata itu.

Event ini juga mendapatkan atensi dari Taman Safari Indonesia untuk turut meriahkan gelaran JFC. “Menarik lagi, ada dukungan dari Taman Safari Indonesia dengan menampilkan beberapa hewan dalam parade JFC,” tutup Bobby.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

JFC Jember Scooter Festival Jember Kota Cerutu Indonesia Jember Fashion Carnaval Asia Music Games kalender event