Cegah Kecelakaan, Jurang Susuh Kota Batu Akan Dibangun Flyover

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

28 Januari 2024 14:00 28 Jan 2024 14:00

Thumbnail Cegah Kecelakaan, Jurang Susuh Kota Batu Akan Dibangun Flyover Watermark Ketik
Kondisi Jurang Susuh Jalan Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu (Foto: Shole/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Pemkot Batu akan membangun jalan layang atau flyover di Jurang Susuh yang berada di perbatasan Jalan Raya Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dan Karangploso Kabupaten Malang.

Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, pembangunan flyover itu akan memanjang hingga 300 meter di atas jembatan Jurang Susuh.

"Dibangun ‘flyover’ karena jalanan disana itu turunan dan tanjakan sangat curam sekali. Sehingga untuk mencegah terjadinya kecelakaan," katanya, Minggu (28/1/2024).

Menurut Alfi, Kementerian PUPR RI juga telah melakukan survei ke Jurang Susuh. Itu setelah, pihaknya mengirimkan proposal bantuan pembangunan flyover tersebut.

Dikatakannya, PUPR saat sedang melakukan perencanaan pembangunan flyover Jurang Susuh. "Kementerian PUPR sudah melakukan survei minggu lalu, dan sudah kami tindak lanjuti dengan perencanaan,” tambahnya.

Alfi mengutarakan, selain untuk mencegah kecelakaan, Flyover Jurang Susuh nanti juga akan mempermudah akses menuju Kota Batu dari sisi utara. Sehingga, wisatawan dari Exit tol Singosari yang hendak ke Kota Batu bisa melalui Jurang Susuh dengan aman.

"Nantinya dengan adanya jalan layang ini dapat memudahkan para wisatawan untuk datang ke Kota Batu melewati melalui jalur Karangploso-Giripurno," tegasnya.

Seperti diketahui, dari arah Karangploso Kabupaten Malang menuju Kota Batu harus melewati Jurang Susuh di Desa Giripurno. Jalur ini memiliki kontur jalannya sangat menanjak, sehingga banyak kendaraan muatan berat yang tidak kuat menanjak.

Akhirnya kendaraan tersebut terperosok ke area ladang di sekitar Jurang Susuh yang kedalamannya sekitar 15 meter. Tidak hanya itu, bahu jalan Jurang Susuh juga sering terjadi longsor. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jurang Susuh Jalan layang
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1