Cerita Pemudik Naik Kereta, Dulu Semrawut Kini Nyaman dan Aman

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

13 April 2024 13:45 13 Apr 2024 13:45

Thumbnail Cerita Pemudik Naik Kereta, Dulu Semrawut Kini Nyaman dan Aman Watermark Ketik
Ilustrasi pemudik kereta api yang saat ini layanannya dianggap sudah lebih baik dibandingkan belasan tahun silam. (Foto: PT KAI)

KETIK, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mereformasi sistem perkeretaapian di tanah air menjadi semakin nyaman dan aman. 

Sejak dikeluarkan larangan terhadap pedagang asongan berjualan di dalam kereta api oleh PT KAI tahun 2013 lalu, pelayanan transportasi pilihan masyarakat itu makin banyak melakukan perubahan.

Salah satu pemudik bernama Maya Alfajriah asal Kabupaten Cianjur yang naik kereta dari Bandung, Provinsi Jawa barat menuju Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

"Saya naik kereta umum dari Stasiun Padalarang ke Kiaracondong dulu. Lalu naik kereta jarak jauh jurusan Bandung-Surabaya dan turun di Stasiun Sidareja Cilacap," kata Maya kepada media online nasional Ketik.co.id, pada hari Sabtu (13/04/2024).

Dahulu kata Maya, ketika akan menaiki kereta api dalam pikiran akan tertuju pada gerbong yang penuh, sesak, kumuh dan desak-desakan bahkan banyak pencopet yang siap mengambil barang pelanggan kereta yang lengah. 

"Namun, itu dulu saat aturan belum diterapkan. Kini, saya merasakan naik kereta api tak hanya bersih dan nyaman, tapi juga sangat aman," ujar Maya yang akan mudik ke rumah neneknya di Majenang.

Dikatakannya, bahwa jika ingin pergi menggunakan jasa kereta, saat ini masyarakat sudah dimudahkan dengan cara mendapatkan tiket secara online maupun secara offline. 

"Para petugas kereta api juga ramah-ramah saat kita meminta informasi terkait keberangkatan atau bahkan pembatalan," imbuhnya sembari menunggu kereta api datang.

Lalu kata dia, sejak tidak adanya pedagang asongan, pengamen dan lainnya tidak diizinkan masuk ke dalam gerbong-gerbong kereta, pelayanannya menjadi semakin nyaman dan aman. 

"Perubahan yang dulu di dalam gerbong-gerbong kereta akan dipenuhi dengan pedagang asongan kini tak lagi ditemui di pelayanan kereta api," ungkapnya menerangkan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

KAI Pemudik Kereta Api Semrawut aman dan nyaman BUMN