Ciptakan Calon Bibit Unggul, Disnakkan Situbondo Gelar Kontes Ternak

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Muhammad Faizin

29 Mei 2024 23:00 29 Mei 2024 23:00

Thumbnail Ciptakan Calon Bibit Unggul, Disnakkan Situbondo Gelar Kontes Ternak Watermark Ketik
Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi MM saat menyerahkan hadiah juara 1 kontes ternak, Rabu (29/05/2024) (Foto: Adinda Octaviani/ Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Untuk menciptakan calon bibit ternak yang berkualitas dan unggul serta meningkatkan nilai jual ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Situbondo menggelar kontes ternak, Rabu (29/05/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, ini, bertempat di Eks Lapangan Batalyon 514 Desa Kotakan, Kecamatan Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo. Adapun salah satu tujuan dari kontes ini, yaitu untuk merasangsang para peternak menciptakan bibit ternak unggulan yang berkualitas.

Menurut Achmad Djunaidi, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, pada kontes ini jumlah peserta ternak sebanyak 169 ekor yang terdiri dari 143 ekor sapi dan 26 domba Sapudi yang.

“Sapi dan domba Sapudi yang dilombakan dalam kontes ternak ini berasal dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo. Dan seluruh ternak yang mengikuti kontes sudah divaksin," ujar Djunaidi.

Adapun, jumlah juri dalam kontes ternak ini, sambung Djunaidi, terdiri dari 5 orang, 1 orang dari BBIB Singosari, 2 orang dari akademisi, 1 orang ekspert sapi potong dan 1 orang dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

"Tim juri yang kita datangkan itu semunya profesional dan bersertifikat yang sudah malang melintang dalam penjurian di beberapa kontes ternak," terang Djunaidi.

Dalam kontes ternak ini ada delapan katagori yang diperebutkan untuk sapi. "Yaitu katagori ekstrem, calon kereman hasil IB, induk hasil IB, induk PO Brahman, calon induk hasil IB,” jelasnya.

Kemudian, kata Achmad Djunaidi, calon induk hasil PO Brahman, pedet betina hasil IB, dan pedet betina hasil PO. Sedangkan, untuk domba Sapudi ada dua katagori. Yakni, domba Sapudi jantan serta domba betina. “Total hadiah yang diperebutkan dalam  Kontes Ternak Situbondo tahun 2024 ini sebesar Rp116 juta,” pungkasnya.

Di lain pihak, Bupati Situbondo, Drs H Karna Suswandi MM mengatakan, kontes ternak memiliki tujuan anatara lain sebagai motivasi bagi seluruh peternak yang ada di Kabupaten Situbondo untuk semakin giat menciptakan ternak berkualitas dan unggul.

"Tema dari event Kontes Ternak Situbondo Tahun 2024 ini “Kebangkitan Sektor Peternakan Sebagai Ujung Tombak Ketahanan Pangan Menuju Situbondo Berjaya,” ujar Bupati Situbondo, yang akrab di sapa Bung Karna.

Lebih lanjut, Bung Karna menjelaskan, untuk meningkatkan upayanya agar Kabupaten Situbondo benar-benar bisa menjadi lumbung daging sapi di negeri tercinta ini, maka kualitas peternakan harus mampu menjadi yang terbaik, sehingga daging-daging yang dihasilkan menjadi daging-daging yang terbaik di Indonesia.

“Kabupaten Situbondo itu kalau kita lihat di Jawa Timur populasi ternaknya cukup banyak, tetapi kita berharap bukan hanya populasinya yang banyak tetapi kualitas daging sapinya juga harus terjaga dengan baik. Jadi, tidak heran jika para pedagang daging sapi selalu memburu ke Situbondo,” pungkas Bung Karna. (*)

Tombol Google News

Tags:

ciptakan calon Bibit ternak Unggul Berkualitas Disnakkan situbondo gelar Kontes Situbondo Hari Ini Situbondo Berita