Curug Ngebul Cianjur, Cocok untuk Camping Ground dan Penginapan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

3 Mei 2024 02:12 3 Mei 2024 02:12

Thumbnail Curug Ngebul Cianjur, Cocok untuk Camping Ground dan Penginapan Watermark Ketik
Curug Ngebul di Pagelaran Cianjur (Foto: dok. warga for ketik.coid)

KETIK, CIANJUR – Bagi para wisatawan yang senang dengan pemandangan indah, ada rekomendasi tempat nih yang cocok untuk melakukan camping ground dan penginapan di sela-sela penatnya kesibukan kerja.

Adalah Curug Ngebul yang merupakan sebuah air terjun berketinggian sekitar 100 meter. Lokasinya berada di Kampung Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Pemandangan tebing-tebing yang ada di sekitar curug ini membuat kita seolah merasa di sebuah tempat yang benar-benar terisolasi dan jauh dari kehidupan dunia luar. Kondisi alam yang ada di lokasi air terjun masih sangat alami sekali, jauh dari rumah-rumah warga.

Di sini juga masih banyak ditumbuhi semak dan pepohonan sehingga pemandangan di sekitar curug terlihat sangat hijau dan menyejukkan mata.

"Area sekitarnya juga memiliki camping ground dan penginapan untuk bermalam," kata Arif salah satu wisatawan asal Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (03/05/2024).

Foto Curug Ngebul di Pagelaran Cianjur (Foto: dok. warga for ketik.coid)Curug Ngebul di Pagelaran Cianjur (Foto: dok. warga for ketik.coid)

Menurutnya, jika debit air sedang besar maka air yang mengalir dari balik bukit akan menghempas batu, sehingga ketika mengalir keluar akan memecah menjadi uap.

"Jika dilihat memang mirip dengan asap yang mengebul atau ngebul. Mungkin dari sinilah nama air terjun ini berasal," ujar Dia menuturkan sembari memasang tenda untuk camping.

Dikatakannya, bahwa jalan menuju ke Curug Ngebul bisa ditempuh dengan menggunakan motor. Jika berangkat dari Cianjur maka berkendaralah menuju ke daerah Kecamatan Pagelaran.

"Setelah tiba di daerah Cipari, ambil belokan yang mengarah ke Desa Bunijaya. Terus saja ikuti jalan, nanti kita akan menemui belokan ke kanan yang mengarah ke Cilameta," tuturnya.

Selanjutnya kata Dia, teruskan perjalanan dan ambil belokan ke kiri menuju ke Kampung Rawa Soro. "Dari sini kita masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sering-seringlah bertanya dengan warga setempat untuk memastikan tidak sedang menempuh jalan yang salah," timpalnya.

Kata Arif, Curug Ngebul ternyata memiliki fasilitas yang cukup memadai, meski belum lengkap. Toilet, area parkir, dan saung istirahat sudah tersedia di sini. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp10.000 per orang dan untuk parkir roda dua hanya Rp5.000 per motor.

"Sementara itu untuk biaya parkir mobil adalah Rp10.000 per mobil. Curug ngebul Cianjur Selatan juga sudah terdata dalam Google Maps," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

camping Penginapan Curug Ngebul Cianjur Pagelaran