Daya Tarik Curug Ciparay Tasikmalaya, Diapit Gunung Dinding Ari dan Karacak

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

8 Mei 2024 04:33 8 Mei 2024 04:33

Thumbnail Daya Tarik Curug Ciparay Tasikmalaya, Diapit Gunung Dinding Ari dan Karacak Watermark Ketik
Curug Ciparay Tasikmalaya, Diapit Gunung Dinding Ari dan Karacak (Foto: dok. wisatawan for Ketik.co.id)

KETIK, TASIKMALAYA – Curug Ciparay berada di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat yang terletak di kaki Gunung Gunung Dinding Ari dan Karacak. 

Terdapat dua curug di sini dengan ketinggian masing-masing sekitar 75 meter dan 55 meter serta berada di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna dan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya. 

Aliran air terjun yang pertama memiliki debit air sangat besar dan curug kedua debit airnya terbilang kecil.

Untuk akses ke tempat ini jalannya terbilang sempit dan agak menantang. Lokasinya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Tasikmalaya. 

Wanawisata ini dapat diakses dari Singaparna menuju ke arah Sariwangi lanjut ke Desa Cidugaleun. Jarak lokasi curug dari Singaparna sekitar 25 km dan 6 km dari Kecamatan Sariwangi.

Sementara kondisi jalan dari Sariwangi dan Singaparna terbilang bagus dan beraspal. Namun, akses ke arah curug jalannya terbilang menantang dengan tanjakan dan kondisi jalan yang kurang mulus. 

Bagi Anda yang senang touring motor atau gowes  bisa menyambangi tempat wisata air terjun nan eksotis di Tasikmalaya ini.

Untuk angkutan umum naik angdes warna kuning sampai daerah Cidugaleun (sekitar 8,7 km dari Kampung Parentas).

Jalur menuju Curug Ciparay tidak begitu besar, meski begitu bisa dilalui oleh mobil. Kondisi jalannya pun saat ini sudah bagus, walaupun belum beraspal semua. 

Setelah memarkirkan kendaraan pengunjung harus melanjutkan tracking untuk sampai di area utama Curug Ciparay Tasikmalaya.

Selanjutnya, pengunjung berjalan kaki sekitar 2 km melewati jalan setapak menuju Curug Ciparay. Lokasi ini masih sangat alami bahkan toilet atau warung masih sulit ditemukan. Disarankan membawa bekal sendiri secukupnya. 

Hingga awal tahun 2024, tiket masuk tempat wisata ini Rp. 10.000 per orang, kemudian tiket parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. (*)

Tombol Google News

Tags:

Daya Tarik Curug Ciparay Tasikmalaya Gunung Dinding Ari Gunung Karacak Indah