Diangkat Jadi Menkominfo, Budi Arie Punya Harta Rp 101 Miliar

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

17 Juli 2023 08:11 17 Jul 2023 08:11

Thumbnail Diangkat Jadi Menkominfo, Budi Arie Punya Harta Rp 101 Miliar Watermark Ketik
Budi Arie Setiadi. (Foto: Instagram @budiariesetiadi)

KETIK, JAKARTA – Budi Arie Setiadi resmi dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Budi  menggantikan Johnny G Plate yang dicopot dari jabatannya karena terseret kasus korupsi BTS 4G.

Setelah diangkat sebagain Menkominfo, kekayaan Budi Arie menjadi sorotan. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) tahun periode 2022 yang dilaporkan ke KPK, Budi diketahui memiliki total kekayaan senilai Rp101.018.800.000. 

Namun, nilai harta kekayaan Budi lebih kecil dibanding milik Menkominfo sebelumnya, Johnny G Plate yang mencapai Rp 200 miliar. 

Meskipun begitu, harta yang dimiliki mantan wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu melebihi nilai kekayaan yang dimiliki Presiden Jokowi yang hanya berkisar Rp 82,5 miliar. 

Lalu, apa saja jenis harta kekayaan yang dimiliki Budi? Simak inilah selengkapnya. 

Berdasarkan LHKPN 2022, Budi diketahui memiliki beberapa jenis harta, termasuk tanah dan bangunan. Budi memiliki harta berbentuk tanah dan bangunan senilai Rp 60 miliar yang tersebar di beberapa kota seperti Padang, Jakarta Pusat, dan Bekasi. 

Ia juga diketahui memiliki alat transportasi dan mesin berupa mobil pribadi dan mobil antik. Budi diketahui memiliki mobil VW Sriroco tahun 2014 senilai Rp 260 juta, mobil Honda HR-V tahun 2019 senilai Rp390 juta, dan mobil Honda HR-V tahun 2016 senilai Rp219 juta. Total harta kekayaan Budi di alat transportasi dan mesin senilai Rp 869 juta. 

Budi juga diketahui memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 2,3 miliar. Ada pula harta berbentuk surat berharga senilai Rp 24,4 miliar dan harta berbentuk kas dan setara kas senilai Rp 10,603 miliar. 

Total keseluruhan harta Budi pun senilai Rp 101 miliar yang didapatkan dari hasil sendiri dan warisan dari keluarganya. 

Kini, Budi diharapkan bisa melanjutkan program-program pembangunan yang sudah dirancang sebelumnya dan bertindak tegas atas tindak korupsi di tubuh Kemenkominfo. (*) 

Sumber: Suara.com

Tombol Google News

Tags:

Budi Arie Setiadi Menkominfo LHKPN Johnny G Plate Harta Kekayaan